hi mb Lisa,

SEbaiknya secepatnya dibawa ke dokter spesialis tulang, di rmh sakit ibu & anak
biasanya ada or ke RSCM. Keponakan mbak mungkin terkena scoliosis, kelainan
tulang belakang. Kebanyakan kelainan ini ditemukan pada anak perempuan/wanita.
Saya pun juga demikian. Alhamdullillah smp saat ini tdk ada keluhan serius, smp
saya melahirkan pun, kecuali kalau menggendong atau membaawa barang berat,
memang cepat pegal pinggang & punggung saya.

Kalau boleh saya crita pengalaman saya sendiri niy (maaf klo kepanjangan). Saya
terdektesi ada kelaiaan ketika usia 12thn. Ini banyak sebab yang terjadi di
masa pertumbuhan tulang. Saat itu orangtua membawa saya ke dokter spesialis
tulang di RSCM & disarankan utk dioperasi tapi tidak dilakukan krn butuh biaya
mahal. Kemudian orangtua saya pun mencari pengobatan alternatif ke tukang urut
khusus tulang di jln. Cirebon, menteng saat itu (kalau tidak salah smp saat ini
beliau masih praktek di situ). Lalu sama spt saran dokter, beliau juga memberi
advis karena masih dlm masa pertumbuhan jadi usahakan cara berjalan & duduk
diperbaiki, harus tegak, jangan mengikuti arah bengkok nya tulang itu, banyak
berenang (disarankan gaya punggung dengan target menarik otot2 punggung), lalu
sebaiknya selalu lurus menghadap ke atas, lebih baik kalau tanpa kasur yang
empuk. Trus sering bergantung lurus dg bertumpu pada tangan kita (spt kalau
fitnes or senam lantai kan ada alat untuk kita
 gelantungan gitu mbak) - kalau saya dulu2 bertumpu pada lubang angin di daun
pintu.. ;D.. And tidak boleh membawa barang2 berat.

Meski melalui cara sederhana saya jalani terapi di atas mbak. Sebenarnya kalau
ada biaya memang sebaiknya ikut dalam program fisioterapi mbak. Ada pula
saudara saya bahkan pakai sabuk khusus, menurut saya itu penyiksaan siy,
apalagi hanya boleh dibuka disaat mandi saja.  Yang penting siy mesti sabar.
Sekarang meski tulang saya tetap bengkok (mungkin memang mestinya dioperasi ya
dulu), tapi alhamdullillah pertumbuhan bengkoknya (drajat kelengkungannya) ga
separah kalau tidak ditangani dengan terapi spt tadi.

Demikian pengalaman saya, maaf kalau kepanjangan critanya. Banyak juga artikel2
engenai scoliosi ini mbak.  Yang pasti segeralah ke spesialis ortopedi mumpung
masih dini. Dan tumbuhkan rasa percaya diri pada ponakan mbak, jangan minder
atau merasa rendah diri.

Salam buat keponakannya ya mbak..

Cheers,
May - Ibunya Kylazzahra ("u')