Bu Ati,
Kidal bukan penyakit, bisa dibilang perkembangan otak
yang menyebabkan seseorang kidal,tidak atau
ambidextral (mampu menggunakan kedua tangan). Dalam
populasi manusia ada sekitar 30% yang kidal dan
ambidextral. Memang di kultur kita (timur) orangtua
akan sekuat tenaga mengajarkan tangan kanan kepada
anak, tetapi jika anak betul-betul kidal (bukan
ambidextral) pemaksaan akan berpengaruh pada
kemampuannya mengembangkan diri bahkan perkembangan
otaknya. Untuk itu orangtua, guru dan lingkungan harus
bijaksana menangani anak kidal.

Anak kidal yang didukung oleh lingkungannya akan
berkembang sama baiknya dengan anak bertangan kanan,
karena ini bukan suatu cacat, bahkan dalam populasinya
yang kecil tersebut anak kidal termasuk anak yang
memiliki prestasi tinggi dalam berbagai bidang.

Banyak website yang membahas soal kidal dari berbagai
sudut pandang, salah satunya bisa dilihat disini :
http://www.emf.net/~estephen/facts/lefthand.html
http://www.indiana.edu/~primate/brain.html
http://www.indiana.edu/~primate/lspeak.html

Mendeteksi anak kidal agak sulit di usia balita awal
(0-3 tahun) karena anak masih adil menggunakan kedua
tangannya tetapi begitu kemampuan motorik halusnya
berkembang kita bisa melihat kecenderungannya.

Saran saya tetap perlu diajarkan menggunakan tangan
kanan untuk makan/minum, memberikan/menerima sesuatu
karena selain tata krama kita demikian, untuk yang
muslim itu sunnah nabi yang harus dilakukan. Sedangkan
untuk kegiatan lain (menulis, menggambar, olahraga
dll) biarkan mereka memilih sendiri tangan mana yang
akan digunakan.

Saya sendiri seorang ambidextral yang beruntung karena
sejak awal orangtua dan guru saya memberikan kebebasan
menggunakan tangan kiri dan kanan saya sesuai dengan
kemampuannya kecuali untuk 3 hal yang saya sebutkan di
atas. Dan ternyata menjadi seorang yang ambidextral
sangat menyenangkan karena disaat tangan yang satu
sakit atau capek, kegiatan kita tidak terganggu karena
tangan yang lain siap menggantikannya.

Mamanya Dafi