DH,

Setahu dan sepanjang tradisi yang dilakukan keluarga kami, yang signifikan
dari perbedaan warna hio adalah dari warna gagang atau lidinya.

Gagang / lidi berwarna hijau (terkadang kebiruan) dipakai untuk upacara duka
dimana keluarga duka masih melakukan upacara perkabungan yang jangka
waktunya berbeda-beda tergantung kesepakatan keluarga.

Gagang / lidi berwarna merah di pakai secara umum baik untuk upacara
penghormatan leluhur maupun untuk upacara persembahyangan di vihara atau
kelenteng.

Warna dupa dari hio tersebut tergantung dari bahan baku yang dipakai
tergantung kualitas karena pada dasarnya bahan dupa terutama terdiri dari
serbuk kayu jati yang dihaluskansebagai bahan dasar dan perekat dari tepung
tapioka yang di campur dengan parfum dan pewarna (untuk dupa kualitas
rendah) atau bahan ramuan kayu wangi dan rempah alami ( gubal kayu gaharu,
cendana, kulit langsat yg dikeringkan, kayu cedar - cemara merah, kayu
manis, serbuk bunga yang dikeringkan, kulit jeruk dan kayu aromatik lainnya
) dan resin wangi alami seperti kemenyan, getah damar wangi, getrah gaharu
pekat, kesturi (kelenjar wangi dari hewan semacam musang dan menjangan), dan
onem (bagian dari penutup siput laut) untuk hio berkualitas bagus dan mahal
harganya.

Khusus untuk hio kualitas rendah (walau tak selalu murah harganya), sering
di celup dalam pewarna untuk menambah penampilan dan daya jual (dupa India
memakai resin petroleum dan getah serta parfum yang menimbulkan sesak napas
dan batuk).

Hio berkualitas tinggi wajarnya tidak dicelup sepuhan pewarna karena akan
merubah aroma asli dupa. Dupa yang di celup biasanya diberi parfum pewangi
yg berbau keras menyengat, sedangkan ciri dupa berkualitas tinggi, harumnya
tidak keras, tidak menimbulkan rasa sesak dan batuk, tetapi harumnya yang
halus dapat bertahan lama dan menempel serta dapat tercium dari jarak yang
jauh sekali. Dupa berkualitas tinggi biasa juga dipakai untuk terapi aroma.

Ditradisi lain seperti di Jepang, Korea, India, Bali dupa dibuat
berwarna-warni tanpa ada signifikan arti tertentu.

Demikian sedikit yang saya tahu semoga bermanfaat.

Salam Hormat !

On 7/2/09, Jen Ku Luk <jenku...@yahoo.co.id> wrote:

> Pak Utama,terima kasih atas informasinya.
>
> Apakah pemakaian hio2 tsb bisa tergantung pada masing2 daerah? Karna
> didaerahku tidak ada hio yg gagangnya berwarna hijau,jadi untuk sembahyang
> yang baru meninggal & atau leluhur (yg beragama Konghucu),biasanya dipakai
> yg gagangnya berwarna merah,dupa hionya berwarna merah juga.
> Yg beragama Budha,biasanya dipakai yg bergagang merah,dupa hionya berwarna
> putih.
>
> Nah..ini yg membingungkan saya karna saya pribadi beragama Katholik tapi
> salah satu usahaku ada menjual alat2 sembahyang.
> [...]

Kirim email ke