Bila Lulu & Aka sudah mengantongi info bahwa kabin pesawat yang akan
mereka tumpangi mengalami kebocoran AC di beberapa seat-nya sebelum
mereka boarding, maka saya sangat sepandapat dengan Pak Ajie bahwa
adalah keterlaluan memprotes awak pesawat yang berulangkali meminta
maaf atas ketidakmampuan mereka memperbaiki keadaa. Namun ternyata
tidak demikian sehingga menimbulkan kesan seolah-2 pihak airlines
tidak mau bertanggungjawab atas kenyamanan penumpangnya. Permintaan
maaf berulang-2 atas suatu protes ketidaknyamanan - yang sebenarnya
dapat dicegah - menurut saya, adalah upaya untuk melepas
tanggungjawab. CMIIW.

Adalah tanggungjawab awak pesawat untuk memberitahukan kerusakan
sekecil apa pun yang berdampak pada ketidaknyamanan penumpang kepada
ground crew atau maintenance. Adalah tanggungjawab ground crew untuk
menyampaikan hal itu berikut upaya-2 perbaikan atau kompensasi kepada
calon penumpang agar mereka paham dengan kondisi kabin pesawat yang
akan mereka tumpangi. Keputusan selanjutnya ada di tangan calon
penumpang apakah mau meneruskan perjalanan dengan kondisi demikian
sambil menikmati kompensasi yang diberikan pihak airlines - kalau ada;
atau membatalkan perjalanan. Bila prosedur sederhana di atas
dikerjakan turuti oleh seluruh karyawan, kecil kemungkinan protes
sekeras yang dilakukan Lulu & Aka muncul.

Saya setuju untuk menyudahi diskusi sampai di sini. Terima kasih untuk
masukan rekan-2 lain yang sudah mau pun belum sempat saya balas. BTW,
tuduhan black campaign against Lion Air, baik terhadap Lulu & Aka,
atau mungkin terhadap saya, rasanya agak sedikit berlebihan. Email
aslinya disertai dg 3 buah foto yang memperlihatkan lubang-2 Ac yang
ditutupi lakban & sela-2 yang ditutupi dengan kertas tissue di
sana-sini oleh pramugari - sebuah upaya perbaikan sementara yang
sangat tidak profesional bagi semua airlines tidak hanya Lion Air,
menurut saya. Sayang, milis ini tidak memperkenankan attachment apa
pun. Tapi, kalau Pak Ajie mau, saya bisa berikan ke bapak lewat japri.

Salam,
Hilmy

--- In bumi-serpong@yahoogroups.com, "adji ekawarman"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> pak HILMY..,
> kalau protes saya setuju banget,
> setegas apapun protes yang dilancarkan saya sangat mendukungnya,
> karena tanpa protes mana mungkin pihak yg diprotes tau keluhan
> penumpangnya..
>
> yang saya pertanyakan adalah sikap dari mereka berdua yang memprotes
dengan
> cara yang MENURUT SAYA berlebihan..!
> karena memarahi crew yang sudah memohon maaf masih di marah2i juga
di depan
> umum.
>
> kalau memang tidak puas,
> [...]

- cut -