Salam,
Tujuan orang Belanda( dan Inggris) sebagai orang Kristen Protestan dan Spanyol
serta Portugis yang Kristen Katolik, sama sekali berbeda( lain).
1) Tujuan Belanda  menjelajah dunia yang terutama adalah  MENCARI REMPAH2 dan
BERDAGANG. Sedangkan tujuan UTAMA dari bangsa Spenyol dan Portugis adalah
PENYEBARAN AGAMA bertdasarkan GOSPEL disertai dengan PERAMPOKAN harta kekayaan
orang pribumi yang ditaklukkan seperti banga2 Inca,Maya dan Artzek di Amerika
Selatan yang dirampok habis semua emasnya dan  ditaklukkan dan dib inasakan
oleh para qonqistadores atas nama Yesus Kristus , sehingga mereka sampai punah.
2) Belanda yang hanya memikirkan UANG dan  sebagai jagoan dagang dan Inggris
malah memandanfg bahwa bahasanya adalah bahasa  yang tertinggi di dunia, selalu
memaksa bangsa lain untuk belajar bahasa inggris , jadi tidak perlu merasa
harus menterjemahkan Injil kedalam bahasa lain yang LEBIH RENDAH.Kalau Belanda
bukan begitu,tetapi menganggap bangsa bumi putera lebih rendah tingkat
KECERDASANNYA sehingga tidak perlu mendapat perhatian, kecuali sebagai  budak.(
para budak pertama yang dibawa dari Afrika ke  Amerika dilakukan orang
Belanda).Dan harus diajarari peradaban dengan mengajarkan mereka dari Injil
yang diterjemahkan kepada bahasa2 lokal.
3) Mengenai Suriname yang tidak terkontiminasi secara agama oleh orang Timur
Tengah( Yahudi dan Arab), serta Asia Selatan( Hindu dan Tionghoa/Budha),
mengakui  AGAMA JAWA  sebagai agama resmi sejajar dengan agama
Kristen,Hindu,Islam dan Budha.Sangat ironis bahwa oleh bangsa dan negaranya
sendiri Agama Jawa/Sunda tidak diakui karena terpengaruh oleh doktrine agama
IMPORT bahwa agama harus mempunyai nabi dan kitab suci, yang tidak dimiliki
oleh agama Jawa/Sunda yang demokrastis dan berasal dari ajaran BUDI PEKERTI
UNGGUL dari NENEK MOYANG Nusantara, dari bangsa yang umurnya lebih tua  dari
bangsa dan agama2 import itu sendiri.