HUKUM MEMAKAI JILBAB

Wah,  kata  siapa  berjilbab  itu  wajib. Saya tidak sepakat.Dianjurkan iya
dalam kondisi tertentu, tapi tidak wajib.  Rimata
--- In [EMAIL PROTECTED], "dobing" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Jadi singkatnya soal Jilbab, menurut saya :
Jilbab  adalah sebuah hukum yang sudah mutlak, dan tidak bisa ditawar lagi.
Adapun   perempuan  islam  yang  belum  berjilbab,  kewajiban  kita  adalah
mengingatkan secara baik, sedangkan hidayah itu adalah hak mutlak Allah.

rimata07  <[EMAIL PROTECTED]>  wrote: Wah, kata siapa berjilbab itu wajib.
Saya  tidak  sepakat.  Klo  menurut  saya  sih  hal  tsb  tidak  memerlukan
kesepakatan.   Hukumnya   jelas,  tinggal  kita  mau  mematuhi  apa  tidak.
Dianjurkan  iya dalam kondisi tertentu, tapi tidak wajib.  Dasarnya? Lukman
Hadi Dwi Purnomo [EMAIL PROTECTED]

Astaghfirullah ! Rim, Siapa yang bilang Jilbab tidak Wajib ? Kalau Ia orang
Muslim  ,  Semoga  Allah memberi Hidayah kepadanya, dan semoga ia bertaubat
dan  semoga  ia  menjadi  Muslimah  yg Ta'at ! Kalau Ia Orang Kafir, Semoga
Allah  juga  memberi  Hidayah  kepadanya, dan semoga ia menjadi Muslimah yg
Ta'at ! "Market" [EMAIL PROTECTED]

Dalam  hal  ini  saya  salut juga dengan Anda lho Mas.  Berani! Saya pernah
mengemudi  mobil  sendirian  pergi  ke kantor, dan di jalan baru saya ingat
bahwa saya lupa bawa STNK kendaraan saya tersebut.  Sepanjang jalan, setiap
kali  ngelihat  polisi,  saya  deg-degan.  Sedemikian groginya, sampai saya
sering  diklaksonin  oleh  mobil yang dibelakang saya.  Pulangnya saya naik
angkot, dan mobil saya parkir aja di kantor.

Saya  sekarang  bisa  bayaning  gimana  jika Rimata lupa bawa STNK atau SIM
sewaktu bawa kendaraan.  Kayaknya si, gak ada pengaruhnya, tul gak.
"Deri Dayandri" [EMAIL PROTECTED]

Takutnya mas deri ngga bawa STNK krn mas deri udah tahu hukumnya berkendara
tanpa  STNK...jadi  wajar  aja  klu  kemudian  membayangkan hal˛ yg terjadi
seandainya  ketauan  ama  polisi..atau  lbh  parah  lagi terjadi kecelakaan
sampai  ada urusan polisi bisa runyam khan..? dan udah pasti hukuman apa yg
bakal mas deri terima. tapi klu mas rim ini..dia berani ada 2 sebab :
1.    krn emang ngga tahu hukumnya
2.    2. Tahu, tapi memang ngga mau tau...
Tapi  tentunya  yg  lbh tahu ya mas rim sendiri....mudah˛an yg bersangkutan
bisa  menerangkan  atau  menjelaskan  di forum ini...atas dasar apa mas rim
mempunyai   bahwa  jilbab  bukan  sbh  kewajiban  bagi  muslimah.  "dobing"
[EMAIL PROTECTED]

Monggo Mas Rim... dijawab. "Wanto" [EMAIL PROTECTED]

Disini Mas Karman menjawab kalau boleh, kalau tidak berkenan didelete saja.

            Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakutuh.
            Bismillaahirrahmaanirrahiim.

            Bapak-bapak,  Ibu-ibu,  Saudara-saudaraku  dan  Adik-adiku yang
            insya Allah dimuliakan Allah Subhanahu Wa Ta'aala.

            Dengan   adanya   reformasi  disegala  bidang,  kebebasan  yang
            kebablasan,   bahkan   sampai  ke  kaum  hawa,  pada  khususnya
            artis-artis,    penyanyi-penyanyi    dangdut,    bakhan    para
            isteri-isteri  pejabatpun  ikut  reformasi yaitu dengan memakai
            pakaian  yang sangat minim, berpakaian seronok, bahkan pakai BH
            yang  kendor yang payudaranya dilihatkan separo, ada yng CD nya
            sengaja  dilihatkan,  apalagi  pahanya yang mulus, rambutnya di
            sasak  seperti  punuk  unta, ada yang pakai kain kerudung namun
            rambutnya  dikluarkan  separo, semua itu agar dilihat orang dan
            supaya  menarik  penonton,  sengaja onderdil atau bagian-bagian
            tertentu  sengaja  dipamerkan di TV swasta, supaya dilihat oleh
            orang  banyak, justru merasa bangga dengan pamerannya tersebut,
            mungkin  dari  itulah  generasi  muda  kaum hawa ikut reformasi
            pakai    baju    yang   sangat   minim   memamerkan   tubuhnya.
            Na'udzubillahi mindzalik, Astaghfirullaahil'adzim.

            Disini  saya  mengingatkan kepada  keluarga  dan anak-anak saya
            khususnya  dan  bagi  pembaca  umumnya (kaum hawa) yang mengaku
            beragama  islam,  yang mengaku orang muslimah, untuk mengetahui
            apa  "Hakekat  memakai  jilbab",   walaupun  tulisan  ini sudah
            berapa kali saya kirim kepada para pembaca lewat email. Sebagai
            orang  muslimah, sebagai orang islam sudah seharusnya menta'ati
            menjalankan  segala perintah Allah SWT dan menta'ati menjauhkan
            / menjauhi segala larangan dari Allah SW semua itu dilaksanakan
            dengan  ikhlah dan ridho Allah agar kita semua mendapat derajat
            takwa yang tinggi disisi Allah SWT.

            Pertanyaan  saya  apakah  Anda  sudah  masuk agama Islam secara
            menyeluruh,  apakah  Anda  sudah  menjadi  Muslimah  yang baik,
            Apakah Anda sudah menjadi orang yang beriman? Marilah kita cek,
            kita instrospeksi diri kita sendiri dengan membaca Firman Allah
            SWT dibawah ini.

            Peringatan untuk kaum hawa / muslimah:
            Pertama:  -Firman  Allah  SWT  yang  artinya:  "Hai  anak Adam,
            sesungguhnya  Kami  telah  menurunkan  kepadamu  pakaian  untuk
            menutupi auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian
            takwa  itulah  yang  paling  baik.  Yang  demikian  itu  adalah
            sebahagian  dari  tanda-tanda  kekuasaan  Allah,  mudah-mudahan
            mereka selalu ingat".Qs.Al A'Raaf (7) ayat 26.

            Kedua;  -"Katakanlah  kepada  wanita  yang  beriman: "Hendaklah
            mereka  menahan  pandangannya,  dan memelihara kemaluannya, dan
            janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa)
            nampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung
            ke  dadanya,  dan  janganlah  menampakkan perhiasannya, kecuali
            kepada  suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka,
            atau  putra-putra  mereka,  atau putra-putra suami mereka, atau
            saudara-saudara  laki-laki  mereka,  atau  putra-putra  saudara
            laki-laki  mereka,  atau  putra-putra saudara perempuan mereka,
            atau  wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki,
            atau  pelayan-pelayan  laki-laki yang tidak mempunyai keinginan
            (terhadap  wanita)  atau  anak-anak yang belum mengerti tentang
            aurat  wanita.  Dan  janganlah  mereka  memukulkan kakinya agar
            diketahui  perhiasan  yang  mereka sembunyikan. Dan bertobatlah
            kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya
            kamu beruntung. Qs.An Nuur (24) ayat 31.

            Ketiga  -Dan  perempuan-perempuan tua yang telah terhenti (dari
            haid  dan  mengandung)  yang tiada ingin kawin (lagi), tiadalah
            atas  mereka  dosa  menanggalkan  pakaian  mereka  dengan tidak
            (bermaksud)  menampakkan  perhiasan,  dan  berlaku sopan adalah
            lebih  baik  bagi  mereka.  Dan  Allah Maha Mendengar lagi Maha
            Mengetahui.Qs.An Nuur (24) ayat 60.

            Keempat:  -"Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak
            perempuanmu  dan  istri-istri  orang  mukmin: "Hendaklah mereka
            mengulurkan  jilbabnya  ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian
            itu  supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka
            tidak  diganggu.  Dan  Allah  adalah  Maha  pengampun lagi Maha
            penyayang."  Qs.Al Ahzab (33) ayat  59.

            Kelima  :  Dari  HR Sahahih Imam Muslim: Dari Abu Hurairah r.a.
            katanya  Rasulullah  SAW  bersabda yang artinya: "Ada dua macam
            penduduk neraka yang keduanya belum kelihatan olehku. Yang ke 1
            (pertama).  Kaum  yang  memiliki cambuk seperti ekor sapi, yang
            dipergunakan   untuk   memukul   orang.   Yang  ke  2  (kedua).
            Wanita-wanita   yang   berpakaian,   tetapi  sama  juga  dengan
            bertelanjang,  karena  pakaiannya  terlalu minim, terlalu tipis
            atau   tembus   pandang,   terlalu  ketat,  atau  pakaian  yang
            merangsang  kaum  pria,  karena  sebagian auratnya terbuka, dan
            wanita-wanita yang mudah dirayu atau suka merayu, rambut mereka
            disasak bagaikan punuk unta. Wanita-wanita tersebut tidak dapat
            masuk surga, bahkan tidak dapat mencium bau surga. Pada hal bau
            surga  dapat tercium dari jarak yang sangat jauh."   H.R.Muslim
            No.2004   Ket.penulis.  Dalam arti kata baunya surga saja tidak
            dapat,    berarti   akan   dimasukkan    ke   neraka   jahanan.
            Na'udzubillaahi mindzalik.

            Pertanyaanya:  Apakah   Anda sudah menjadi  Muslimah yang baik,
            sudah  beriman,  kalau  masih belum melaksanakan perintah Allah
            SWT seperti tersebut diatas?.

            Dibawah ini ada kisah yang menharukan yang dikirim oleh saudara
            kita  lewat  email semoga bermanfaat bagi yang membacanya insya
            Allah.

            Kisahnya:
            Dibawah  ini  penulis  sampaikan  kisah nyata yang terjadi pada
            adik  perempuan  sahabatnya  dari Madiun, yang bekerja di salah
            satu  perusahaan  asing, adik perempuannya meninggal dalam usia
            remaja (alias ABG).

            "HAKEKAT MEMAKAI  JILBAB"
            Kisah  ini saya dapat dari sahabatku yang bekerja di salah satu
            perusahaan  asing,  di Kaltim: Disini saya kutibkan kisah nyata
            seorang   gadis  yang  menginjak  remaja  atau  kerennya  jaman
            sekarang  (ABG)  yang  sebelumnya tidak karuan tingkah lakunya,
            namun  setelah  sadar  akan  kekeliruannya  dan  sudah mengerti
            "Higmah memakai jilbab" Allah memanggilnya. Subhanallah.

            Kisah  nyata  ini semoga berguna bagi yang membacanya, terutama
            kaum  Hawa,  juga  bagi  yang  punya  istri,  yang  punya  anak
            perempuan,  adik perempuan, saudara perempuan, kakak perempuan,
            yang masih punya Ibu, yang punya keponakan perempuan........

            Ini cerita tentang adikku Nur Annisa , gadis yang baru beranjak
            dewasa  namun  rada  Bengal  dan  tomboy. Pada saat umur adikku
            menginjak  17  tahun,  perkembangan  dari  tingkah lakunya rada
            mengkhawatirkan  ibuku  ,  banyak  teman   cowoknya yang datang
            kerumah  dan  itu  tidak mengenakkan ibuku sebagai seorang guru
            ngaji.
            Untuk  mengantisipasi  hal  itu  ibuku  menyuruh adikku memakai
            jilbab,  namun  selalu  ditolaknya  hingga  timbul pertengkaran
            pertengkaran  kecil  diantara  mereka.  Pernah satu kali adikku
            berkata  dengan  suara yang rada keras:  "Mama coba lihat deh ,
            tetangga  sebelah  anaknya pakai jilbab namun kelakuannya ngga'
            beda-beda  ama kita-kita , malah teman-teman Ani yang disekolah
            pake  jilbab  dibawa om om , sering jalan jalan , masih mending
            Ani,  walaupun begini-gini ani nggak pernah maa kaya gituan " ,
            bila  sudah  seperti itu ibuku hanya mengelus dada,  kadangkala
            di akhir malam kulihat ibuku menangis , lirih terdengar doanya:
            "Ya Allah , kenalkan Ani dengan hukum Engkau ya Allah ".

            Pada  satu  hari  didekat  rumahku, ada tetangga baru yang baru
            pindah.  Satu  keluarga  dimana  mempunyai enam anak yang masih
            kecil  kecil. Suaminya bernama Abu Khoiri (bukan Effendy Khoiri
            lhoo)  (entah  nama aslinya siapa) aku kenal dengannya waktu di
            masjid.

            Setelah   beberapa  lama  mereka  pindah,  timbul  desas  desus
            mengenai istri dari Abu Khoiri yang tidak pernah keluar rumah ,
            hingga  dijuluki  si  buta  ,  bisu,  sombong dan tuli. Hal ini
            terdengar  pula oleh Adikku , dan dia bertanya sama aku: "Kak ,
            memang  yang  baru pindah itu istrinya buta , bisu, sombong dan
            tuli  ?  "..huss  aku  jawab  sambil  lalu" kalau kamu mau tahu
            datangin aja langsung kerumahnya".

            Eehhh  tuuh,   anak  benar  benar datang kerumah tetangga baru.
            Sekembalinya  dari  rumah  tetanggaku  , kulihat perubahan yang
            drastis  pada  wajahnya, wajahnya yang biasa cerah nggak pernah
            muram atau lesu mejadi pucat pasi?.entah apa yang terjadi.?
            Namun  tidak kusangka selang dua hari kemudian dia meminta pada
            ibuku untuk dibuatkan Jilbab ..yang panjang, lagi..rok panjang,
            lengan  panjang?aku  sendiri  jadi  bingung?.aku tambah bingung
            campur  syukur  kepada  Allah SWT karena kulihat perubahan yang
            ajaib..yah  kubilang  ajaib  karena  dia  berubah  total..tidak
            banyak  lagi  anak  cowok  yang datang kerumah atau teman teman
            wanitanya  untuk sekedar bicara yang nggak karuan...kulihat dia
            banyak  merenung,  banyak baca baca majalah islam yang biasanya
            dia  suka  beli  majalah anak muda kaya gadis atau femina ganti
            jadi majalah majalah islam , dan kulihat ibadahnya pun melebihi
            aku  ?tak  ketinggalan tahajudnya, baca Qur'annya, sholat sunat
            nya?dan yang lebih menakjubkan lagi....bila teman ku datang dia
            menundukkan  pandangan?Segala  puji  bagi  Engkau  ya Allah SWT
            jerit  hatiku?Tidak  berapa  lama  aku dapat panggilan kerja di
            kalimantan, kerja di satu perusahaan asing (PMA). Dua bulan aku
            bekerja  disana aku dapat kabar bahwa adikku sakit keras hingga
            ibuku memanggil ku untuk pulang ke rumah (rumahku di Madiun).

            Di  pesawat tak henti hentinya aku berdoa kepada Allah SWT agar
            Adikku di beri kesembuhan, namun aku hanya berusaha, ketika aku
            tiba  di  rumah,  didepan  pintu  sudah banyak orang, tak dapat
            kutahan  aku  lari masuk kedalam rumah, kulihat ibuku menangis,
            aku  langsung  menghampiri  dan memeluk ibuku, sambil tersendat
            sendat  ibuku  bilang  sama aku: "Dhi, adikkmu bisa ucapkan dua
            kalimat Syahadah diakhir hidupnya "..Tak dapat kutahan air mata
            ini...  Setelah selesai acara penguburan dan lainnya, iseng aku
            masuk kamar adikku dan kulihat Diary diatas mejanya..diary yang
            selalu  dia  tulis.  Diary  tempat  dia  menghabiskan  waktunya
            sebelum  tidur  kala  kulihat  sewaktu  almarhumah adikku masih
            hidup,  kemudian kubuka selembar demi selembar...hingga tertuju
            pada  satu  halaman  yang  menguak  misteri dan pertanyaan yang
            selalu  timbul  di hatiku..perubahan yang terjadi ketika adikku
            baru  pulang  dari  rumah Abu Khoiri?disitu kulihat tanya jawab
            antara adikku dan istri dari tetanggaku, isinya seperti ini :

            Tanya  jawab  (kulihat  dilembaran  itu  banyak  bekas  tetesan
            airmata )

            Annisa  :  Aku  berguman  (wajah  wanita ini cerah dan bersinar
            layaknya bidadari), ibu, wajah ibu sangat muda dan cantik.

            Istri  tetanggaku  : Alhamdulillah, sesungguhnya kecantikan itu
            datang dari lubuk hati.

            Annisa  :  Tapi  ibu  kan  udah  punya  anak  enam,  tapi masih
            kelihatan cantik.

            Istri  tetanggaku  :  Subhanallah,  sesungguhnya  keindahan itu
            milik  Allah  SWT dan bila Allah SWT berkehendak, siapakah yang
            bisa menolaknya.

            Annisa : Ibu, selama ini aku selalu disuruh memakai jilbab oleh
            ibuku,  namun aku selalu menolak karena aku pikir nggak masalah
            aku  nggak  pakai jilbab asal aku tidak macam macam dan kulihat
            banyak  wanita  memakai  jilbab namun kelakuannya melebihi kami
            yang  tidak  memakai  jilbab, hingga aku nggak pernah mau untuk
            pakai jilbab, menurut ibu bagaimana?

            Istri   tetanggaku  :  Duhai  Annisa,  sesungguhnya  Allah  SWT
            menjadikan seluruh tubuh wanita ini perhiasan dari ujung rambut
            hingga ujung kaki, segala sesuatu dari tubuh kita yang terlihat
            oleh  bukan  muhrim  kita  semuanya akan dipertanggung jawabkan
            dihadapan  Allah  SWT  diakhirat  nanti, di Yaumul Hisab nanti,
            jilbab adalah hijab untuk wanita.

            Coba  Anisa  kau  dengarkan  dan  kau tulis, Ibu bacakan Firman
            Allah SWT yang diabadikan didalam Al Qur'an yang artinya:

            Pertama:  "Hai  anak  Adam,  sesungguhnya Kami telah menurunkan
[...]

            kamu beruntung. Qs.An Nuur (24): 31.

[...]

            Coba  Anisa  kau  dengarkan dan kau tulis, Ibu bacakanan hadits
            shahih  dari  Imam  Muslim  :  Dari  Abu  Hurairah r.a. katanya
[...]

            Annisa  :  Tapi  yang kulihat banyak wanita yang memakai jilbab
            yang kelakuannya nggak enak, nggak karuan.

            Istri  Tetanggaku  :  Jilbab  hanyalah kain, namun hakekat atau
            arti  dari  jilbab  itu  sendiri  yang  harus  kita  pahami dan
            takutlah akan siksa Neraka Jahanan di akhirat nanti.

            Annisa : Apa itu hakekat jilbab ?
            Istri  Tetanggaku  :  Hakekat  jilbab adalah hijab lahir batin.
            Hijab  mata  kamu dari memandang lelaki yang bukan muhrim kamu.
            Hijab  lidah  kamu  dari  berghibah  (ghosib)  dan kesia-siaan,
            usahakan  selalu berdzikir kepada Allah SWT. Hijab telinga kamu
            dari  mendengar  perkara  yang  mengundang  mudharat baik untuk
            dirimu  maupun  masyarakat.  Hijab  hidungmu  dari mencium cium
            segala yang berbau busuk. Hijab tangan-tangan kamu dari berbuat
            yang  tidak  senonoh.  Hijab  kaki  kamu  dari melangkah menuju
            maksiat.  Hijab  pikiran  kamu  dari  berpikir  yang mengundang
            syetan  untuk  memperdayai  nafsu  kamu.  Hijab  hati kamu dari
            sesuatu  selain  Allah  SWT,  semua itu akan menjerumuskan kamu
            masuk  ke "NERAKA JAHANAN" yang kekal selama-lamanya, bila kamu
            sudah  bisa  memakai jilbab yang kamu pakai akan menyinari hati
            kamu,  sesuai  perintah Allah SWT dan ajaran Nabi Muhammad SAW,
            itu  rahmat  dari Allah SWT yang membuka pintu hati kamu, untuk
            memakai  jilbab  sehingga  kamu  sudah bisa menghayati perintah
            Allah  SWT  seperti  ibu  bacakan  diatas tadi itulah " hakekat
            memakai jilbab."

            Annisa  :  Ibu  aku jadi jelas sekarang dari arti jilbab, mudah
            mudahan  aku  bisa  pakai  jilbab,  namun  bagaimana  aku  bisa
            melaksanakan semuanya.

            Istri  tetanggaku  : Duhai Anisa bila kamu sudah bisa memakai i
            jilbab  itulah  karunia  dan  rahmat yang datang dari Allah SWT
            yang  Maha  Pemberi  Rahmat,  yang  Maha  Penyayang,  yang Maha
            Pengampun,  bila  kamu  menyukuri  rahmat  itu kamu akan diberi
            kekuatan  iman  untuk  melaksanakan amalan amalan jilbab hingga
            mencapai kesempurnaan yang diinginkan Allah SWT.

            Duhai  Anisa,  ingatlah  akan  satu hari dimana seluruh manusia
            akan  dibangkitkan  dari  kuburnya. Ketika ditiup terompet yang
            kedua  kali,  pada  saat ruh ruh manusia seperti anai anai yang
            bertebaran  dan dikumpulkan dalam satu padang yang tiada batas,
            yang  tanahnya  dari  logam yang panas, tidak ada rumput maupun
            tumbuhan.

            Ketika  tujuh  matahari  didekatkan  di  atas kepala kita namun
            keadaan gelap gulita. Ketika seluruh Nabi ketakutan. Ketika ibu
            tidak  memperdulikan  anaknya, anak tidak memperdulikan ibunya,
            bapak  tidak  bisa  menolong  anaknya, anak tidak bisa menolong
            bapaknya, sanak saudara tidak kenal satu sama lain lagi, kadang
            satu  sama  lain bisa menjadi musuh, satu amal saleh akan lebih
            berharga dari segala sesuatu yang ada dialam dunia ini.

            Ketika  manusia berbaris dengan barisan yang panjang dan masing
            masing hanya memperdulikan nasib dirinya, dan pada saat itu ada
            yang  berkeringat  karena  rasa  takut  yang  luar biasa hingga
            menenggelamkan  dirinya,  dan rupa rupa bentuk manusia bermacam
            macam  tergantung  dari  amalannya,  ada  yang  melihat  ketika
            hidupnya  namun  buta  ketika  dibangkitkan, ada yang berbentuk
            seperti  hewan,  ada  yang  berbentuk  seperti syetan, semuanya
            menangis,  menangis  karena  hari  itu  Allah  SWT murka, belum
            pernah  Allah  SWT  murka  sebelum dan sesudah hari itu, hingga
            ribuan  tahun manusia didiamkan Allah SWT dipadang mahsyar yang
            panas membara hingga Timbangan Mizan digelar itulah hari Yaumul
            Hisab.

            Duhai  Annisa,  bila  kita  tidak  berusaha untuk beramal saleh
            dihari  ini,  entah dengan apa nanti kita menjawab bila kita di
            sidang oleh Yang Maha Perkasa, Yang Maha Besar, Yang Maha Kuat,
            Yang  Maha  Agung,  Allah  SWT.  Di Yaumul Hisab nanti! Di Hari
            Perhitungan  nanti!! Bila sewaktu-waktu Malaikat menjemput ajal
            kita,  karena  kapan  ajal  kita  akan dijemput kita tidak tahu
            Anisa. Kapan saja pun akan terjadi bila ajal sudah tiba.

            Sampai  disini  aku  baca diarynya karena kulihat, berhenti dan
            banyak   tetesan  airmata  yang  jatuh  dari  pelupuk  matanya,
            Subhanallah,  kubalik  lembar  berikutnya  dan kulihat tulisan,
            kemudian kulihat tulisan kecil di bawahnya: buta, tuli, sombong
            dan  bisu,  wanita  yang  tidak  pernah  melihat  lelaki selain
            muhrimnya,  wanita yang tidak pernah mau mendengar perkara yang
            dapat  mengundang  murka  Allah  SWT,  wanita yang tidak pernah
            berbicara  ghibah,  ghosib  dan  segala sesuatu yang mengundang
            dosa  dan  sia  sia  tak  tahan airmata ini pun jatuh membasahi
            diary.  Itulah yang dapat saya baca dari diarynya, semoga Allah
            SWT menerima Adikku di sisi-Nya, Amin , Subhanallah.

            Penulis
            Kisah  ini  Allahu  a'lam  bishshawab  kebenarannya, namun yang
            penting  kita  mengambil  higmahnya dari kisah tersebut diatas,
            mungkin  saja  itu  bisa  saja  terjadi kepada siapa saja, bila
            Allah SWT menghendaki.

            Bapak-Bapak,     Ibu-ibu,    Saudara-Saudaraku,    adik-adikku,
            Anak-anakku  dan  khususnya  para  kaum  hawa, yang insya Allah
            dimuliakan oleh Allah SWT.

            Saya   mengharap  kisah   ini  bisa  menjadi  iktibar,  menjadi
            pelajaran   bagi  kita  ,  bagi  putri-putri kita semua. Semoga
            meresap  dihati yang membacanya dan semoga Allah SWT senantiasa
            memberi petunjuk, memberi Rahmat, hidayah bagi yang membaca dan
            menghayatinya.

            Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan iman kita untuk
            menjalankan   (memenuhi)  segala  perintah-Nya  dan  menjauhkan
            segala  yang  dilarang-Nya,  dan  mendapat  derajat  takwa yang
            tinggi,  selamat  didunia  sampai  di  akhirat  nanti, mendapat
            pertolongan  dan  syafa'at  di  hari  yaumul hisab dan mendapat
            surga yang tinggi, amien.

            Alhamdulillahirrabbil'alamin.   Allaahu   a'lam   bish  shawab,
            billaahi taufik wal hidayah. Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi
            wabarakatuh. Sukarman.

            Bila  anda  mau  beramal  saleh, tolong di forward kepada orang
            lain,  atau diberikan kertas ini kepada orang lain agar dibaca,
            supaya  menambah  iman  dan  taqwa  bagi yang membacanya, insya
            Allah.

            Sumber: Al Qur'an dan terjemahnya, Hadits dan  dari Email yang
            saya terima..

PT Petrosea Tbk.
www.petrosea.com

This email and any files transmitted with it are confidential and
intended solely for the use of the individual or entity to whom they
are addressed. If you have received this email in error please notify
the system manager.

This footnote also confirms that this email message has been swept by
MIMEsweeper for the presence of computer viruses.

www.mimesweeper.com

http://us.click.yahoo.com/L5YrjA/eSIIAA/yQLSAA/TXWolB/TM

All views expressed herein belong to the individuals concerned and do not in
any way reflect the official views of Hidayahnet unless sanctioned or approved
otherwise.

If your mailbox clogged with mails from Hidayahnet, you may wish to get a daily
digest of emails by logging-on to http://www.yahoogroups.com to change your
mail delivery settings or email the moderators at [EMAIL PROTECTED] with the
title "change to daily digest".