Saya tidak memonitor El-Shinta, tapi saya mendapatkan bahan dari sms sebagai berikut:

Kamis, jam 08:49 waktu KL
fyi ada yang sms sama saya ===== Rudi Rubiandini memberikan statement pd El Sshinta bhw Lapindo membayar sjumlah ahli geologi untuk mengalihkan issue menjadi Bencana

Saya langsung sms Rudi dg cc beberapa geoscientist yang terlibat aktif di penelitian Lumpur Porong
Astaghfirullah hal adziim... Kalau benar memang seperti itu alangkah rendahnya moralitas sejumlah ahli geologi dan orang Lapindo itu. Kalau tidak benar seperti itu, alangkah kejamnya tuduhan broer Rudi tsb. Lepas dari benar-tidak--nya tuduhan tsb, mustinya broer Rudi tidak perlu bicara terbuka mengurusi hal-hal bayar-membayar dan saling memanfaatkan tsb di media.... tetapi lebih mengutamakan duduk bersama membuka data menganalisa bersama para ahli geologi itu untuk saling berkontribusi dalam mengatasi masalah semburan lumpur PURELY ON THE BASIS OF SCIENTIFIC & TECHNICAL MATTERS... Selama ini saya sebagai pengamat dari luar melihat bhw tim pak rudi & Pak Triyana dkk tidak pernah membuka dialog teknis saintifik dengan sejumlah ahli geologi tsb secara tuntas... tidak pernah mencoba untuk memanfaatkan 2nd-3rd opinion untuk kondisi sub-surface-nya. Aku ikut prihatin broer.... #Andang#

Beberapa menit kemudian Rudi tilpun saya dan menjelaskan bahwa maksud dia waktu wawancara El-Shinta itu tdk begitu. Wartawan salah tangkap dan meng-highlight aspek-aspek kontroversi-nya saja dan lepas dari konteks, dsb. Kemudian disusul:
Kamis, jam 09:30 waktu KL, saya terima balasan tertulis sms dari Rudi
Pa Andang dan teman Geolog sekalian... Saya mohon maaf bila ternyata pernyataan saya membuat marah2 teman2. Maksud saya: statement NATURAL DISASTER baru akan bisa dinyatakan setelah selesai dg TUNTAS relief well dan dikaji oleh geolog independen bukan dari Lapindo. Tapi maksud itu, pernyataannya yg keluar jadi memalukan... Mohon maaf sekali lagi atas kesalahan saya.

Saya langsung balas dan sekaligus fwd-kan sms Rudi tsb ke geosaintis yang lain:
Broer,... saya forwardkan klarifikasi dari ikhwan kita soal El Shinta... Mudah2an ini memberikan hikmah kpd kita semua untuk lebih saling merangkul... saling bicara... saling mengingatkan... toh semuanya demi kemaslahatan bersama... BERSAMA KITA BISA (kata SBY)... & sorry kalo ada yg terima dobel krn sdh trima langsung dr Rudi... #Andang#

Pada saat hampir bersamaan saya juga mendapatkan cc sms Bambang Istadi untuk Rudi sbb:
Kamis, jam 9:38 waktu KL: dari BPI
Mas Rudi, DEMI ALLAH, sy/Lapindo TIDAK PERNAH MEMBAYAR geologist untuk menebar isu bencana. Selama ini mas rudi selalu saya dukung dan doakan spy berhasil, meski banyak geologist yang menganggap usaha mas Rudi AKAN SIA2. Tapi kenapa MENUDUH yang tidak benar? Sy kecewa mas Rudi hanya cari ketenaran sesaat, tidak professional dan tidak mau tahu/dengar FINDINGS para geologist dari berbagai institusi, a/n pribadi yg MENGANALISA DATA secara independen. Buka Mata, telinga dn hati mas! Kita cari kebenaran. BPI

Pada Kamis jam 10:01 waktu KL, Rudi membalas (usahaku menyebarkan sms klarifikasi tsb) dg sms:
Makasih broer, atas bantuan dan pertemanannya

Perlu saya masukkan juga info sms dari Soffian Hadi, tim pakar dr TimNas yang saya terima Kamis jam 10:30 waktu KL
Pak Rudi, geolog artinya BISA SIAPA SAJA YG BELAJAR GEOLOGI. Soffian Hadi geolog. Basuki Hadimulyono geolog. Kalau anda mengetahui ada geolog yang dibayar Lapindo UNTUK MELACURKAN ILMUNYA laporkan ke polisi saja, jangan lapor El Shinta. Sampai detik ini saya pribadi posisi masih TANGAN DIATAS.

(Catatan dr saya: anggota tim pakar TimNas yang independen - tanpa afiliasi lembaga pemerintah - spt Pak Soffian Hadi memang sampai saat ini tidak digaji - dibayari siapapun, baik lembaga pemerintah, lapindo, bpmigas, PU, atau yg lainnya,.... mereka hanya mendapatkan penggantian2 tiket, transport, dan mungkin uang2 rapat).

Pada jam 13:06 waktu KL saya mendapatkan cc-an sms dari Rudi untuk Pak Pane sbb:
Pa Pane, saya diberi kesempatan oleh elshinta jam 13 untuk memperbaiki statemen. Makasih. semoga membantu. CC: Pa Imam, pa BWI, Pa tri, pa sofyan.

Pagi ini, Jumat 15 Desember jam 07:19 waktu KL saya mendapatkan sms lagi dari Rudi
Teman-teman sekalian, saya sudah KAPOK. Saya akan BERHENTI setidaknya MENAHAAN DIRI UNTUK MELAYANI MEDIA sampai relief well selesai. Semoga kesalahfahaman di Radio Elshinta TIDAK TERULANG LAGI. Mohon maaf kepada semua dan semoga Alloh memberi ampunan pada saya... Amin. Tolong sms ini disampaikan kepada teman2 sbg pernyataan maaf saya.

Saya langsung jawab dan sekaligus sebarkan sms beliau tsb ke geosaintis yang concerned:
Broer Rudi,.... JANGAN BERHENTI... u are one of the few champions who are excellent in getting ordinary people easily understand about the bread and butter of oil&gas e&p science & technology... KEEP ON GOING broer,... only in this case, just be more cautious with media.... b more talkable & communicative w/other pro's... and good luck!!! #andang#

Dibalas jam 7:44 waktu KL
Thx broer Andang.... You are the real friend...

Masih ada banyak sms2 dari kawan2 geosains lainnya yang ditujukan ke Rudi dicc-kan ke saya atau ke saya langsung membahas masalah tsb,... pada umumnya nadanya menyayangkan kecerobohan ketidak-hati-hati-an Rudi Rubiandini bicara. Tapi hampir kebanyakan maklum dan berbesar hati memaafkan pak Rudi Rubiandini.

demikian yang bisa saya share.

Salam

ADB
geologist arema
gak onok sing ngongkon, gak onok sing mbayar, gak perlu laporan, gak perlu wedhi, wirang, dlsb
sing penting melok mecahno masalah .......