Pak Rovicky dan rekan-rekan IAGIŠ

Selama beberapa tahun terakhir saya dan rekan-rekan aktif kembali keliling
ke kampus-kampus untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan kpd mahasiswa dan
rekan-rekan pengajar (di MGEI program ini di labeli sbg ³MGEI goes to
campus²). Saya katakan ³aktif kembali² krn program semacam ini dulu di awal
2000-an pernah gencar dilaksanakan oleh PP-IAGI dengan tokoh sentral-nya Gus
Ipul. Dari pengalaman bertandang ke kampus-kampus tsb, saya melihat dan
merasakan adanya perbedaan materi ajar yang makin jauh di masing-masing
perguruan tinggi. Hal lain, dibukanya jurusan geologi baru  di bbrp
perguruan tinggi dengan (maaf) sumberdaya pengajar yg terbatas nampaknya
telah berkontribusi pada munculnya situasi ini.

Saya yakin, rekan-rekan pengajar dan pengelola pedidikan geologi di
Indonesia pasti sudah memikirkan hal ini dan telah melakukan upaya
peningkatan, paling tidak di kampus masing-masing.  Dan di beberapa tempat/
kasus kita melihat bbrp perguruan tinggi mapan telah memberikan dukungan dan
supervisi kpd perguruan tinggi lainnya. Isunya adalah bagaimana agar
kualitas lulusan geologi tetap terjaga dengan baik atau bahkan meningkat.

Di tingkat nasional, saya kira akan efektif kalau upaya tsb dilakukan
terkoordinasi (pastinya dengan dukungan dari KemDiknas) antar perguruan
tinggi yg memiliki jurusan geologi di seluruh Indonesia.  Diskusi ttg topik
ini sering saya lakukan bersama rekan-rekan pengajar geologi dr bbrp
perguruan tinggi (pada kesempatan terpisah-pisah), dan kita sangat
menyarankan adanya komite yg menangani hal ini, yg akan tepat sekali kalau
diarahkan kpd Komite Pendidikan Geologi Indonesia (KNPGI). Beberapa hal lain
bisa ditangani oleh KNPGI, selain hal urgen di atas, misalnya masalah
kurikulum pendidikan geologi (yg saya yakin rekan-rekan pengajar sangat
lebih paham).

Salam,
Daru