EASY SAID THAN DONE, pak

masalah cabut mencabut IUP tak semudah membalikkan tangan, karena waktu
penerbitan semua IUP itu, para calon pemilik IUP harus menyetor sejumlah
dana yang besarannya "TST" alias tau sama tau (di luar iuran-iuran yang
harus disetor ke kas daerah). Dan sudah menjadi rahasia umum di dunia
pertambangan adanya konsesi yang saling tumpah tindih. Akhirnya KPK
bertindak dan segera ditindaklanjuti dengan menyeret para pemangku jabatan
di masing-masing daerah. Banyak bupati sudah diproses dan masih ada yang
akan menyusul. Mudah dikatakan, sulit dilaksanakan karena sang regulator
pun biasanya mempunyai IUP-IUP juga yang mungkin diatasnamakan saudara dan
handai taulannya.

Masalah konsekuensi dari penerbitan IUP itu, yaitu para pemilik IUP itu
harus berperan dalam menaikkan nilai tambah produk tambangnya juga sudah
di-shock terapy oleh ESDM dengan menerbitkan Permen 7/2012 pada bulan Mei
2012 yang mengharuskan setiap pemilik IUP yang akan mengekspor bahan
tambangnya harus terdaftar sebagai eksportir, dikenakan batasan kuota
ekspor, menyerahkan blue print smelter, dan membuat pernyataan tidak akan
ekspor raw material setelah diberlakukannya UU Minerba 4/2012.
Pengurusan dokumen untuk mendapatkan kuota ekspor bahan mentah itu pun
TIDAK GRATIS, meskipun di peraturannya memang tidak dicantumkan berapa
BIAYAnya. Dan para pemegang IUP harus bolak balik dari Dep. ESDM, Dep.
Perdagangan, sampai Dep. Keuangan.

Sekali lagi, butuh kerja keras pemerintah juga untuk menertibkan
pemilik-pemilik IUP kurang ajar sekaligus memberikan sanksi yang berefek
jera bagi jajaran di pemerintahannya, sehingga kita bisa melihat good
mining practice dan good cleaning goverment akan men-support green mining
industry di negara kita tercinta.

Haryo Pangaribowo