Hemm... tidak efektif pak ...
dari data taman nasiional dan situs bbc.com (
http://www.bbc.com/indonesia/berita_indonesia/2015/06/150625_indonesia_sampah_gunung
) jumlah pendaki perhari adalah 200 - 500 orang perhari. Jika di bagi ke
dalam group pendakian yaitu minimal 4 orang per group jadi sekitar 125
group pendakian. Minimal barang akan menghasilkan sampah plastik, kaleng
gas dll. Nah, jika pake pengawas untuk setiap group pendakian :D,
saya rasa pekerjaan berat pak :D , dan itu perhari 500, dan akan lebih dari
itu jika longweekend :D

Hanya kesadaran cinta lingkungan dan alam yang perlu di brainwash kepada
teman-teman yang mendaki gunung manapun di Indonesia :D . Gunung bukan
tempat sampah, tinggalkan jejak kaki bukan sampah :D