> Hubungi DNS hoster, tanyakan apakah memang ada gangguan kemarin

Per hari ini saya test ping ke smtp.biz.net.id memang RTO pak, tetapi sudah
saya kordinasikan dengan ISP dan hasilnya sudah bisa reply kembali. Tetapi
antrian dan delay email masih terjadi.

> Kemungkinan karena server mail.mandau.id sibuk atau lambat response
> misalkan karena ada firewall dan proxy (antivirus) yang aktif

Sudah saya uninstall anti virusnya dan disable firewallnya pak, hasilnya
masih sama

> Tetapi karena message size kecil maka lebih besar kemungkinan pipa
> koneksi internet yang digunakan mail.mandau.id yang sibuk

Saya cek di MRTG ISP, tidak ada yang mencurigakan pak, traffic masih 30%
load nya dari bandwidth 4 mbps dedicated.

Status SMTP-in di sisi bawah masih menunjukkan diangka 70 session pak,
tetapi dalam Inbound, local, remote, retry, menunjukkan angka dibawah 5.

Sebagai informasi Saya baru install ulang server minggu lalu yang sebelumnya
saya mengunakan win server 2003 menjadi win server 2008 r2, memory 2 gb.

terkadang di outlook user muncul 'Server too busy right now' jadi tidak bisa
mengirim email, mungkin karena session SMTP-in nya yang menyentuh angka 70
(full)

Kira2 apa lagi yang saya cek ya pak?

Terima kasih