On 2017-05-14 13:49, Albertus Aji wrote:
> Jadi asal folder MDaemon di exclude dan resource server masih kuat
> sebenernya ngga apa apa ya diinstall antivirus Symantec?

Ya bisa asal ditambah RAMnya, setidaknya ditambahkan 2 -4 GB dari yang normal.

> Tujuan saya sih biar lebih aman aja pak

Di dunia internet mail server prioritasnya adalah 'selamat' (safe) jauh diatas
prioritas 'aman' (secure).
Dengan assumsi mail server tidak dipakai untuk melakukan pekerjaan kantor harian
(browsing, chat, download, menjalakan aplikasi office).

Virus itu baru aktif jika aplikasi (file lampiran) dijalankan (run), sementara
mail server hanya baca message header tidak membaca isi (content) dari mail
sehingga kalau server didedikasikan untuk mail server tidak akan pernah
terinfeksi virus.
Di dunia nyata, dulu saat marak terorisme dengan surat bom (paket bom lewat
surat/parsel) kantorpos tidak pernah terkena dampaknya karena kantorpos tidak
membuka surat/parselnya.

> Itu dia pak, Mail Server kami ada aktivitas file sharingnya.

Apa memang mail server sekaligus bertindak sebagai File Server?
Ada alasan khusus sehingga dilakukan demikian?
Drive/folder/file sharing dengan SMB protocol merupakan sarana penyebaran virus
di jaringan lokal.
Servernya sih tidak terinfeksi dengan virus selama tidak menjalankan
file/aplikasi, tetapi file bervirus itu (Office Document, *.exe, *.com, *.inf
dll) menjadi tersebar ke jaringan lewat sarana file server.
File server dengan SMB protocol (aka netbios protocol) memang perlu antivirus
jaringan (network antivirus).

> secara tuntas.
> Sudah Pak.

Yang paling perlu selalu diupdate patchnya adalah PC di LAN khususnya untuk
virus ransomware, dan proxy/NAT yang digunakan LAN user untuk akses ke internet
diproteksi dengan Antivirus yang selalu update AV datanya (AV signature).
Ransomware menginfeksi komputer lewat situs yang diakses oleh browser di LAN PC
dan penyebaran ke LAN melalui network sharing SMB protocol.
Karena yang terinfeksi adalah PC LAN yang pakai Windows.

---
http://www.mirror.co.uk/tech/what-wanna-decryptor-look-ransomware-10410236

The malware is delivered as a Trojan through a loaded hyperlink that can be
accidentally opened by a victim through an email, advert on a webpage or a
Dropbox link. Once it has been activated, the program spreads through the
computer and locks all the files with the same encryption used for instant
messages.
---

Sumber hyperlink untuk trojan/ransomware file bisa macam-2x: SMS, Medsos, Web
link dan phising mail.
Kalau proxy/firewall dilengkapi dengan antivirus for web/http yang selalu
terupdate akan safe saja bagi LAN client.
Demikian pula jika aplikasi Medsos diakses melalui proxy/firewall yang
dilengkapi dengan antivirus for Chat/XMPP akan safe.

http://www.wired.co.uk/article/what-is-phishing-how-to-avoid
http://www.actionfraud.police.uk/fraud-az-vishing
https://www.kaspersky.com/resource-center/threats/malware-system-penetration

MDaemon-L Moderators, MDaemon 17.0.1-64 Beta RC2, SP 5.1.0-64

Pemimpin itu harus tulus. Ketika dipuji dia tidak terbang, ketika dicaci dia
tidak tumbang.
        ---  Anies Baswedan, Januari 2014