Terima kasih atas kritiknya.

* Kokkang mengirim "jutaan" kartun ke Koran Tempo karena memang beberapa
orang Kokkang sangat rajin mengirim kartun setiap hari. Saya sangat
menghargai kerja keras itu. Pada saat-saat awal menjaga gawang rubrik
kartun, memang hanya anak-anak Kokkang yang mengirim. Kalau dikatakan
"itu-itu saja" yang dimuat, barangkali layak untuk diperdebatkan kembali:
seberapa sering seorang kartunis dimuat kartunnya. Anda punya bukti, berapa
jumlah kartun yang "itu-itu saja" ?

Pada awalnya, saya mencoba memutuskan untuk memunculkan karya dari kartunis
yang berbeda setiap minggunya. Dengan begitu, saya akan punya banyak koleksi
nama kartunis apabila benar-benar bikin buku.

Tapi ketika rata-rata seluruh karya sudah dimuat, akhirnya kan saya harus
mengulang untuk memuat karya dari kartunis yang sudah pernah dimuat.

* Saya memulai pekerjaan saya di bidang jurnalistik sebagai kartunis dengan
mendirikan Terkatung (Terminal Kartun Ungaran) pada 1984 bersama Oock ( kini
di Berita Kota), dan beberapa kartunis lainnya. Saya juga terbiasa dengan
mengirimkan kartun ke media cetak. Kalau mengirim ke Intisari, Suara Karya,
Panyebar Semangat, dll, saya kirim 10 kartun pasti dikembalikan jadi 11
(karena tambah satu lembar surat pernyataan dari redaksi bahwa kartun saya
tidak bisa dimuat). Tapi saya yakin, rekan-rekan yang lain lebih punya
banyak pengalaman akademis dan empiris dibandingkan dengan saya.

* Di Indonesia memang banyak yang kacau balau. Pemilik bank juga bikin
perusahaan yang menerima kucuran kredit. Pemain bisa sekaligus jadi juri,
istilahnya. Namun, menurut saya, seseorang harus memilih, mau jadi kritikus
seni atau pekerja seni. Seperti saya bilang tadi, kalau udah jadi pelukis,
ya... jangan ikut-ikutan jadi kritikus seni. Nggak fair. Kiritikus itu
nantinya akan mengunggulkan karyanya sendiri atau karya orang-orang yang
sealiran dengan dia. Tapi itu menurut saya, lho. Soalnya kan Jim Supangkat
juga jadi kritikus dan kolektor saja, tetapi tidak ikut-ikutan melukis
seperti Dede Eri Supria.Tapi kalau Anda berpendapat sah sah saja, juga
terserah....  Nggak ada yang ngelarang!

* He he he. Saya jadi ingat dengan kisah tentang seorang anak dan seorang
bapak yang membawa seekor keledai. Ketika sang anak naik keledai dan sang
ayah jalan kaki, seorang komentator bilang: "Anak muda tidak tahu diri. Masa
orang tua disuruh jalan sementara dia enak-enakan naik keledai!"
Ketika sang ayah naik keledai, eh... komentator lainnya bilang, "Orang tua
memang maunya sendiri. Masa tega-teganya naik keledai sementara anaknya
ngos-ngosan jalan kaki?"
Nah, ketika sang anak dan sang ayah sama-sama naik keledai, komentator
berikutnya bilang, "Anak sama bapak sama-sama dungu! Keledai sekecil itu
dinaiki berdua, mana kuat?"
Ketika..... dan akhirnya seluruh keputusan yang diambil oleh kedua orang itu
akan diserang kritik. He he he.

Salam kartun,
Nur Hidayat