dk

From :  hidayat <[EMAIL PROTECTED]>

Halo teman-teman, saya mau menanggapi kritik Dodo Karundeng.

Nggak apa-apa, semua orang berhak memberikan penilaian. Saya hanya berusaha
semaksimal mungkin untuk menyeleksi kartun yang masuk (yang jumlahnya
ribuan). Pertimbangan saya adalah soal tema. Lantas, deadline pengiriman
juga jadi pertimbangan. Jadi, kalau beberapa teman mengirim tema Agustusan
yang bisa jadi lebih cerdas, tetapi telat saya terima, ya... mohon maaf,
tidak bisa dimuat.

Bahkan kalau kemudian ada yang skeptis tentang rencana pembuatan buku
kartun, saya juga nggak apa-apa. Yang jelas, niat saya baik. Saya pengen
memajukan dunia kartun di Indonesia dengan berbagai langkah yang nyata.
Tidak sekedar ngomong! Kalau baru ide saja sudah ada yang skeptis, ya nggak
tahu.... nanti kalau sudah jalan kayak apa?

Oh, ya. Dodo Karundeng itu mau berposisi dimana? Mau menjadi kartunis atau
kritikus kartun? Kalau dua-duanya dimasuki, saya kira tidak fair. Nanti dia
akan cenderung menjelek-jelekkan kartun karya kartunis yang lain. Yang
dianggap paling bagus, pasti karya dia sendiri. Padahal kan belum tentu
kartun yang dibuatnya juga bagus dan komunikatif.

Salam,
Nur Hidayat

 would our lives be like without music, dance, and theater?Donate or volunteer
in the arts today at Network for Good</a>.</font>