dalam perspektif urang minang, kalau anak laki-lakinya lapeh kalua
itu berarti "musibah" (walau tidak semua yang seperti itu)

dari 9 bersaudara hanya saya yang lapeh ka jawa. 7 orang menikah ama
urang saniangbaka juga, adik perempuan ama urang peninjauan (dari kab
solok juga)

waktu adik hendak menikah dengna urang paninjauan, sempat
terjadi "ketegangan politik" dalam keluarga kami. ada yang pro ada
yang kontra. akhirnya tangan Allah jua yang menyelesaikan, adik
menikah juga akhirnya dengna urang yang bukan sekampung (orang sholeh
kok ditolak)

ketika saya menikah, bukan lagi ketegangan politik yang terjadi tapi
benar-benar "perang dunia ke tiga"

ayah saya marah besar, marah semarah-marahnya....
"jan manikah jo urang jawa, apo urang jawa tu..."
"ndak ado urang awak nan labih elok dari anak jawa tu"

subhanallah, lagi-lagi tangan Allah yang mendamaikan antara saya dan
ayah. saya cuma bilang laki-laki minang belum tentu akan sebaik calon
suami saya. akhirnya ayah saya luluh dengan mahar hapalan al-quran
yang diberikan suami saya.....

dan terbukti, alhamdulillah di jalan dakwah, keluarga kami bahagia
dalam naungan Allah, walau dia bukan urang minang yang diinginkan
ayah saya.....

saya berkesimpulan, bukan asalnya yang jadi persoalkan, tapi
akhlaqnya, imannya, budinya, walaupun urang cina, atau urang AS
sekalipun....

walahualam
yesi

orang tua maunya jo urang saniangbaka juga.