Assalamu'alaikum Wr Wb

Terimakasih Irwan, atas komentarnya.

Apabila kita tertarik untuk menjadi distributor atau agen sudah seharusnya
kita lakukan servey dan bisnis proposal nya. Pertama perlu kita tentukan
produk apa yang akan dijual. Misalnya traktor tangan untuk tanah basah atau
untuk tanah kering, untuk perkebunan atau untuk padi. Kemudian apa bisa juga
sekalian menjual mesin perontok gabah, pengering padi dan jagung, penyemprot
hama, pengiris singkong atau jahe, dll.

Setelah itu kita tentukan daerah mana yang akan menjadi object pemasaran dan
penjualan. Setelah itu siapa yang akan menjadi agen kita disana. Agen
benar-benar agen, atau individu sebagai agen yang bisa memasarkan kepada
petani dengan bahasa dan pola pikir mereka. Kebutuhan dana setelah itu bisa
dihitung, apabila tidak cukup dari kantong sendiri, dicari partner usaha
yang "sepaham". Kata sepaham perlu digaris-bawahi, karena dalam bisnis kita
akan menghadapi banyak persoalan.

Banyak sekali masalah yang tidak dapat diprediksi dengan tepat tetapi harus
kita perhitungkan. Bisnis adalah the game of mengambil keputusan. Setelah
keputusan diambil, perlu dipahami semuanya menjadi hal yang sudah mengikat.
Kita tidak bisa mundur, dalam arti sesuatunya menjadi spending apabila
bisnis terhenti ditengah jalan. Padahal yang kita harapkan adalah investasi
yang bisa mengembalikan modal plus profit. Apabila partner paham dengan
semuanya, insyaallah tidak akan banyak masalah yang timbul. Partner akan
menjadi rekan usaha, bukan rekan bacakak.

Semua yang menjadi faktor keberhasilan usaha (bolts and nuts) perlu
dipikirkan dengan baik. Sehingga dengan begitu bisnis dapat diharapkan
berjalan dengan lancar. Jadi menurut paham saya, apabila kita akan masuk ke
dunia bisnis sebagai usaha baru kita, bisnis kecil lebih baik - sesuai
dengan kemampuan, karena partner sepahamnya sebagai investor tidak terlalu
banyak. Dua - tiga orang rasanya cukup baik.

Bagaimana pendapat sanak lain yang sudah lama bergelut didunia bisnis?

Wassalam,
Ridwan