Asslamu'laikum Wr. Wb.

Rekan-rekan se-Riau Yth.

Sedikit saya informasikan mengenai pendidikan di India. Seiring dengan semakin
banyaknya dan meningkatnya perhatian sebagian masyarakat kita Indonesia untuk melirik
pendidikan di India, maka saya merasa perlu untuk menuliskan email ini, meski
sebenarnya masih informasi ini masih jauh dari kesempurnaan. Akan tetapi sebagai info
awal, maka saya tulisakan aja terlebih dahulu. Bila di kemudian hari, masih ada
pertanyaan mengenai pendidikan di India, Insya Allah akan saya jawab kembali.

Secara umum biaya pendidikan di India itu bervariasi. Untuk jurusan-jurusan ilmu
sosial, humanities dan art, biaya pertahunnya lebih kurang USD $ 500,- (atau sekitar
Rp. 5 Juta). Adapun untuk jurusan professional seperti MBA, MCA, IT dll. sekitar USD $
2.500 (atau sekitar Rp. 25 Juta) pertahunnya.

Sebagai catatan, di Jawaharlal Nehru University (JNU) New Delhi, biaya semester untuk
jurusan ilmu sosial, humanities dan art di universitas ini bisa mencapai USD $ 850
(ini artinya untuk satu tahun bisa mencapai USD $ 1.700,-)

Beasiswa ICCR

Pemerintah India melalui General Cultural Scholarships Scheme (GCSS) of Indian Council
of Cultural Relations (ICCR), New Delhi juga menyediakan beasiswa untuk mahasiswa
Indonesia guna mengikuti pendidikan di India. Beasiswa ini disediakan untuk program
S-1, S-2 dan S-3. (Beasiswa ini hanya berlaku untuk jurusan ilmu sosial, humanities,
art dan eksakta saja).

Pembukaan beasiswa ini dimulai sejak awal bulan Januari hingga pertengahan bulan
Pebruari setiap tahunnya. Untuk itu, silakan mengambil forumulirnya di Kedutaan Besar
India di Jakarta atau di Konsulat Jenderal India di Medan. Atau mas Syaus juga bisa
mendownload dari website Kedutaan Besar India di Jakarta melalui link berikut ini:
http://www.embassyofindiajakarta.org/content.php?sid=54#GCSS

Kalau anda ke Kedubes India di Jakarta, temui Mr Kaisar Alam, Atase Pendidikan dan
Informasi. Off: +62(21)5204168 Res: +62(21)5260890 Email: [EMAIL PROTECTED]

Berikut ini alamat Kedubes India di Jakarta dan Konjen India di Medan:

Embassy of India
S-1, Jl. HR. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta
Phone : (62-21) 5204150, 5204152, 5204157,5264931
Fax : (62-12) 5204160
Website: http://www.embassyofindiajakarta.org
Email:[EMAIL PROTECTED]

Consulate General of India in Medan
19, Jl. Uskup Agung A. Sugiopranoto, Medan -20152, - Indonesia
Tel. 00-62-61- 4556452, 4531308, 4522169, 4552353 (R)
Fax. 00-62-61-4531319
Email: [EMAIL PROTECTED]
Website: www.congendiamedan.or.id

Mengenai IIT yang terbaik di India saat ini adalah IIT Kanpur. Dan di India itu saat
ini ada 7 IIT yang diakui cukup beken oleh pemerintah India. Bahkan juga diakui oleh
dunia internasional. Untuk mengetahui lebi lanjut IIT di India ini, silakan buka links
berikut ini:

Indian Institute of Technology - Kanpur@
Indian Institute of Technology (IIT)@
Indian Institute of Technology - Chennai@
Indian Institute of Technology - Delhi@
Indian Institute of Technology - Kanpur@
Indian Institute of Technology - Kharagpur
Indian Institute of Technology - Mumbai@
Indian Institute of Technology Roorkee@

Saat ini sejumlah mahasiswa Indonesia mengambil sedang mengambil S-2 di IIT Roorkee.

Mengenai tes masuk ke perguruan tinggi, khususnya di IIT adalah merupakan suatu
keharusan. Dan seats untuk mahasiswa asing tsb cukup terbatas sekali. Setahu saya
tidak ada lembaga yang bisa membantu pengurusan pendaftaran ke perguruan tinggi di
India ini. Soalnya, semuanya itu ditentukan oleh kemampuan calon mahasiswa yang akan
di uji pada saat tes masuk tersebut.

Sedangkan lembaga yang membantu untuk kursus untuk persiapan tes ke perguruan tinggi
cukup banyak. Tapi saya sendiri juga belum mengetahui dimana tempat kursus yang paling
mantap untuk persiapan sebelum memasuki IIT ini. Sebab, calon mahassiwa India ini
sudah membuat persiapan yang cukup matang tatkala mereka masih di kelas setingkat SMU.

Adapun kemampuan berbahasa Inggris memang sangat menentukan. Meskipun perguruan tinggi
India tidak mensyaratkan TOEFL, tapi bila calon mahasiswa yang bersangkutan tidak
menguasai bahasa Inggris dengan baik, maka semua akibatnya akan kembali kepada
mahassiwa yang bersangkutan itu juga.

Demikian info dari saya untuk sementara, silakan hubungi saya kembali bila masih ada
yang ingin ditanyakan mengenai pendidikan di India.

Wassalam,

IzaM -

* * * * *
Zamhasari Jamil
Pelajar Islamic Studies
Jamia Millia Islamia, New Delhi
India 110 025

http://us.click.yahoo.com/J8kdrA/y20IAA/yQLSAA/0EHolB/TM

Untuk mengirimkan postingan, kirimkan ke : [EMAIL PROTECTED]
dan untuk menanggapi cukup di –reply- saja.

Untuk keluar dari keanggotaan milis ini, kirimkan email kosong ke: [EMAIL PROTECTED],
kemudian silakan di-reply- email konfirmasi yang dikirim oleh Groups.Com tanpa
mengadakan perubahan.

Untuk melihat postingan sebelumnya dan arsip milis ini, silakan buka di:
http://www.forumriaukita.cjb.net