Saya ingin mengirimkan keluhan saya mengenai pelayanan di Solaria Carefour
Lebak Bulus. Saya search di google tidak ada informasi yang menjelaskan kemana
saya harus mengirim keluhan saya, dan ternyata banyak juga yang bernasib sama
dengan saya..

  Mungkin kasus Kecoak Solaria yang tersebar di milis ini merupakan akibat
kurangnya informasi bagi pelanggan dan ex-pelanggan Solaria kemana mereka harus
mencurahkan kekesalannya.

  Baru-baru ini saya mendengar bahwa menurut statistik, hanya 20% dari pengguna
suatu produk yang memberitahukan kekurangan produk tersebut ke produsennya.
Sedangkan 80% langsung berpindah ke produk lain. Hal ini semestinya membuat
pihak Solaria berterimakasih, karena dengan memprotes berarti pelanggannya
masih memiliki atensi terhadap Solaria

  Tapi memang tulisan tidak jelas dengan huruf Kapital semua itu mengganggu
sekali...
  Apakah ada yang punya email Solaria?

  Cheers

  Hernanto Wibowo
  www.coroflot.com/antowibowo

Wing Wahyu Winarno <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
      Mmm, saya sebenarnya tidak mempermasalahkan pokok permasalahannya (yaitu
ada kecoa or binatang lain di makanan yang disajikan di Solaria, kalau memang
begitu yang memang harus kita komplain). Tetapi yang ingin saya "ajarkan"
kepada Anda semua (yg rata2 lebih muda dari saya), dalam menyampaikan sesuatu
HARUS BERTANGGUNG JAWAB dan MENGGUNAKAN ETIKA. Mengapa tidak pakai etika? Huruf
kapital semua, warna merah, ejaan banyak yang salah (ini menunjukkan penulisnya
sangat emosional, dan orang yang emosional, PASTI NALARNYA TIDAK JALAN). Kalau
Anda menyampaikan berita tersebut dan saya komplain: kok tidak pakai etika
e-mailnya? Kan milis ini berisi orang-orang terpelajar? Anda mungkin akan
menjawab: O, saya cuma meneruskan kok. Nah, kalau begitu, Anda akan dinilai
(ikut2an) tidak bertanggungjawab dan tidak beretika, kan sayang (meskipun Anda
juga bisa bilang: terserah aja kok orang menilai saya, yang penting saya
begini, toh selama ini saya juga hidup).

  Saya sendiri sih tidak membaca detail e-mail aslinya, karena membaca tulisan
tanpa kaidah kan sayang mata saya. Meskipun demikian, saya perhatikan inti
masalahnya, lalu saya kontak sana-sini, sms sana-sini, akhirnya dapat e-mailnya
boss Solaria, saya e-mail dia, saya ceritakan saya dapat e-mail di milis, dan
akhirnya, saya ditelpon, dan ujung2nya: (1) saya dipersilakan mengunjungi
restoran Solaria mana saja untuk melihat proses di dapurnya, karena ternyata
sudah buka di 18 kota di Indonesia, dan (2) bila bisa atur waktu untuk bertemu
dengan bossnya, saya akan ditemani makan siang atau makan malam di Solaria
kapanpun saya mau, tanpa perlu bayar (saya jawab: oh, saya harus bayar, kalau
jus alpokatnya digratisin, baru mau saya, gitu hehehe). Beliau mengatakan
e-mail seperti itu bukan yang pertama, sehingga beliau tidak kaget.

  Meskipun sama-sama menyampaikan e-mail yg sama, tetapi hasilnya beda 'kan?
Nah, kalau Anda semua ingin dihargai dan dihormati orang, hargailah dan
hormatilah orang lain. Gampang kok. Itu tidak hanya diperlukan dalam berbisnis
dan bekerja, tetapi juga dalam bertetangga dan bermasyarakat.

  Seperti juga kata (sebagian dari) Anda, Anda mau baca e-mail saya ini monggo,
nggak mau ya tinggal pencet tombol Del, selesai. Gitu aja kok repot (ya nggak
ya nggak ya nggak?).

  Selamat berpuasa bagi yang menjalankan, selamat bersiap merayakan lebaran.
Mohon maaf lahir batin, selamat berlebaran. Semoga kita semua selalu mendapat
limpahan rahmat dan hidayah dari Allah s.w.t. Amin.

  WWW
  http://maswing.wordpress.com (ada yang baru di sana)