Pungli dari Surat Keterangan Kematian di Padang
Kompas, Kamis, 2 April 2009

Reformasi sudah berjalan dengan baik, artinya semua warga negara berhak
mendapatkan pelayanan yang jujur dari instansi pemerintah. Namun, masih ada
pungutan liar di beberapa tempat, seperti yang saya dan istri alami saat
mengurus surat keterangan kematian mertua saya (Radjinan) di Kelurahan Parak
Kopi Alai, Kecamatan Padang Timur, Padang, Sumatera Barat.

Kejadiannya pada 25 Februari lalu. Semua persyaratan sudah kami lengkapi. Kami
datang ke kelurahan untuk mengurus surat keterangan kematian itu. Pada blangko
surat keterangan kematian tertulis biaya yang harus dibayar sesuai dengan perda
adalah Rp 5.000, tetapi pegawai kelurahan memungut Rp 15.000.

Istri saya menanyakan mengapa terjadi penggelembungan. Pegawai itu dengan
ringan menjawab bahwa blangko saja yang Rp 5.000. Kami tak mengerti jawaban
pegawai itu karena memang blangko yang ingin kami dapatkan dan harganya—sesuai
dengan perda dan keterangan pegawai itu—ya, Rp 5.000.

Lalu, ke mana perginya uang kami yang Rp 10.000 itu? Untuk mengisi pundi-pundi
lurah dan pegawainya atau masih disetorkan lagi ke pejabat pemerintah di
atasnya, kami tak tahu. Itulah bentuk pungli yang masih berlaku di Padang.

Di Kelurahan Parak Kopi Alai, Kecamatan Padang Timur, Padang, dari orang
meninggal pun pegawai kelurahan masih mengharapkan duit-duit liar.

Aidil Ali
Jalan Batang Kandis Nomor 9, Pd Baru, Padang

Sumber: KOMPAS

Dapatkan nama yang Anda sukai!
Sekarang Anda dapat memiliki email di @ymail.com dan @rocketmail.com.

<*> Your email settings: