Andika Triwidada wrote:

On 1/12/06, A. Andria <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Salam rekan semua,

Beberapa hari yang lalu saya membeli kabel DKU-5 (untuk transfer data ke
HP Nokia 3120)

Sebelum kabel DKU-5 terhubung ke PC, keluaran lsusb seperti berikut :

~# lsusb
Bus 002 Device 002: ID 0000:0000
Bus 002 Device 001: ID 0000:0000
Bus 001 Device 002: ID 0000:0000
Bus 001 Device 001: ID 0000:0000

Dan setelah kabel terhubung, keluaran lsusb adalah :

~# lsusb
Bus 002 Device 002: ID 6547:0232
Bus 002 Device 001: ID 0000:0000
Bus 001 Device 002: ID 0000:0000
Bus 001 Device 001: ID 0000:0000

Tidak ada Manufacturer yang ditemukan.

Saya yakin DKU-5 berjalan dengan baik sebab ketika terhubung di Windows
XP dengan Nokia PC Suite, bisa jalan.
Dan USB dikenali sebagai ArkMicro di COM4

Sebagai tambahan kernel saya 2.6.12.
OS Ubuntu 5.10

Kenapa Manufactur nya tidak keluar ya ?

Penterjemahan dari ID vendor dan tipe device itu memanfaatkan
file usb.ids (lokasi tepatnya saya tidak hafal). Kalau anda
punya file usb.ids dengan entri yang sesuai, maka keterangannya
akan muncul saat lsusb.

Ketidakmunculan keterangan tersebut tidak menghalangi device
driver mengenali alat tersebut, juga tidak menghalangi aplikasi
memanfaatkan alat tersebut.

Kalau ingin file usb.ids terbaru, silahkan ambil dari
http://www.linux-usb.org/usb.ids

--
.''`.     Andika Triwidada <[EMAIL PROTECTED]>
: :'  :    just another Debian admin

Terima kasih Mas Andika atas keterangan nya yang jelas.

Ada hal lain yang ingin saya tanyakan :

Dari hasil

~# lsusb
Bus 002 Device 002: ID 6547:0232
Bus 002 Device 001: ID 0000:0000
Bus 001 Device 002: ID 0000:0000
Bus 001 Device 001: ID 0000:0000

Apakah berarti dengan munculnya ID 6547:0232 itu berarti Device dikenali ?
Bagaimana saya memastikan bahwa device nya dikenali dan bagaimana saya
mengetahui driver yang mana yang mengenali device ini?