Hallo Gank!,

On     Sat,     27     Apr     2002     at     15:09     GMT     +0700
"[EMAIL PROTECTED]"=[icn] wrote to [EMAIL PROTECTED] :

> Ya  begitulah,  secara  kurang-lebih  masih  sama.  ITB masih sangat
> KERRASS mendidik mahasiswanya. Terus terang saya melihatnya : sangat
> keras secara tidak perlu.

Kerasnya spt apa sih Pak ?

> Memang,  kadang2  ada  pertanyaan menggelitik : Apa semua yang masuk
> ITB  harus  keluar  sebagai  sarjana ? Saya berpendapat memang tidak
> harus  semua  karena  ada  yang salah masuk ITB, ada yang memang tdk
> bermental sarjana dsb.

Mungkin  sistem  deteksi  dini  (melalui  lembaga counseling) yg perlu
ditingkatkan  bukan sistem kurikulumnya yg harus menyesuaikan dg siswa
model ini, jika memang siswa tidak cocok dg jurusannya atau sekolahnya
secepatnya  dia  pindah ke sekolah lain, dg demikian baik siswa maupun
Intitusi tidak rugi waktu dan tenaga berlarut-larut.

Emm...kalau  dilakukan  psychotest  setiap  1  -  2 tahun sekali (dulu
semasa SMA sekolah saya melakukan hal ini tiap tahun) utk setiap siswa
apa memberatkan ya ?

> [...]
> sebagian   yang   cukup   besar   dari  yang  termasuk  diatas  bisa
> ditanggulangi asal ada pendekatan-pendekatan yang baik. Tapi itulah,
> masih  banyak  dari  dosen, wali akademik, pimpinan jurusan dll yang
> masih   mendekati   persoalan   secara   formal  struktural,  kurang
> mengapresiasi  bahwa  bila dianalogikan dengan sistem produksi, maka
> material  yang  diproses bukanlah logam, kayu, zat kimia dsb, tetapi
> anak  manusia.  Belum lagi kalau walinya hanya jadi juru-tandatangan
> FRS (istilah lama, formulir rencana studi) saja.

Walinya di kursuskan Bimbingan dan counselling, punya waktu nggak ya ?

- Syafril -

Old Ekek Never Die, They Just Regenerates!
YON-1 ITB <RET> A-7911664
#...Moderator and Fellow [EMAIL PROTECTED] List Member...#

Thought of The Day :
***Orang  menilai  org lain berdasarkan apa yg dikatakannya dan apa yg
diperbuatnya, org menilai diri sendiriberdasarkan apa yg dipikirkannya
dan apa yg hendak dicobanya (Comtesse Diane, 1829-1899).