Mas Yanto,
Terimakasih  atas responsnya,  maaf  agak telat soalnya  nulis sambil
ngantor sih.
Jangan dikatakan saya akan memberikan  pencerahan kepada Mas Yanto, anggap
saja ini  obrolan ringan sesama almamater.

*Perbuatan  baik  dan buruk yang  terus berjalan (jadi kayak ngejawab ujian
sekolah aja nih)

Gak usah pusing-pusing dengan grafik deh mas, biarin itu ada jaman kita
kuliah aja ( Jadi ingat Pak Goenarso, dosen matematika lanjut).
Pakai ilmu tukang buah aja Mas, pisahkan yang buah baik dan yang
rusak/busuk.
Jangan dicampur aduk semua, nanti kebolak-balik  gak ketahuan mana yang
baik dan mana  yang busuk, kalau sudah dipisah melihatnya kan lebih jelas.
Kita cari dan periksa penyebabnya utamanya kerusakan atau kebusukan,
seberapa banyak jumlahnya ,  sebaliknya yang baik juga begitu.
Kemudian kita lihat hubungan antara yang baik dan buruk, satu arah, atau
bolak balik, bagaimana dampak hubungan ini.

 Beberapa hal yang bisa jadi penyebab yang Mas Yanto uraikan dibawah,
1).Tingkat Kemiskinan (berharta)
Kesadaran  apa yang kita harapkan dari orang  yang sedang lapar Mas?
Memikirkan makan kemarin, hari ini dan besok saja sudah menjadi tekanan
bagi hidup mereka, sikap manusia yang sedang lapar akan mempengaruhi sikap
mental dan emosionalnya.
Orang kalau lapar sering "bermasalah", contohnya barangkali ada diantara
kita sendiri , pas pulang kerumah lapar berat, mau makan di meja gak ada
apa-apa atau makanan gak cocok. "Spaning" bisa naik tuh

Didalam agama Islam, kemiskinan itu sangat berbahaya mas, dikatakan "
Kemiskinan akan membawa kamu kepada kesesatan/kemunkaran" (maaf, kata
terakhir saya rubah supaya tidak terlalu "sensitif")
Dalam kenyataan disekitar kita, memang ada kelompok yang memanfaatkan
kemiskinan masyarakat  untuk kepentingan pribadi/kelompok yang berakibat
burukpada kita semua.
Kemarin saya mendengar di radio Pak Ahmad Syafie Ma'arif berkata bahwa
peradaban Indonesia sekarang adalah peradaban "Sembako", mungkin ini ada
benarnya  juga.
2). Tingkat Pendidikan (berilmu)
Pemahaman apa yang kita harapkan dari orang yang tidak/kurang berilmu  Mas?
Kebodohan yang timbul karena kemiskinan
3). Pemimpin yang buruk
Harapan apa yang bisa kita berikan kepada pemimpin seperti ini Mas?
Manusia mempunyai sisi buruk  yang namanya hawa nafsu atau nafsu jahat ,
nafsu  harta atau kekuasaan.
Nabi Muhammad bersabda: "Musuhmu yang terbesar, ialah nafsu"jahat"-mu yang
berada dalam dirimu", jangan-jangan nafsu jahat inilah yang banyak bercokol
dalam diri pemimpin kita
Tiga hal buruk diatas  berputar-putar terus dalam kehidupan masyarakat ,
yang membuat kita frustrasi melihat dampaknya  pada pembusukan dan
pengrusakan bangsa.
Terus, dimana peranan agama ? Amal ibadah meningkat tapi maksiat jalan
terus?
4). Kesadaran beragama (keimanan)
 Pemahaman generasi muda sekarang tentang agama jauh lebih baik dari kita
dulu lho .Dulu ,khususnya kita yang tumbuh di kota besar  beragama   hanya
dengan modal "kul-hu" doang, kalau sampai tua tidak meningkatkan diri atau
mencari lagi, ya segitu-gitu aja.
Tumbuhnya  sekolah pendidikan dasar dan menengah  umum yang berbasis agama
( misalnya Al-Azhar, Al-Izhar , Al-al lainnya), mempercepat proses
pemahaman yang lebih baik tentang agama kepada generasi muda,ditambah lagi
dengan  banyak beredarnya  buku-buku  tentang Islam .

Kalau sekarang banyak generasi muda yang berjilbab, termasuk selebritis ,
pergi haji diwaktu muda, banyak amal ibadah, dlsb,itu  karena mereka paham
dan sadar betul dengan apa yang mereka lakukan, mereka mencari dan memang
menemukannya .
Beda dengan kita,  dulu  atau sekarang,  bisa jadi kita menjadi islam
karena kultur atau tradisi orang tua, dengan pemahaman ala kadarnya.
Kesadaran  pemeluk agama yang terus terus meningkat di masyarakat?
Peningkatan amal ibadah yang terjadi saat ini  harus disyukuri , walaupun
barangkali  ada yang melakukan ibadah itu adalah sebagai "pelarian"  dari
sebagai orang-orang  " tertindas" atau   sebagai  "penindas", itu masih
jauh lebih baik dari pada tidak ada sama sekali.
Semua agama pasti menuju kebaikan, dan kebaikan dan keburukan punya jalan
masing-masing pada setiap orang.
Dalam suasana seperti ini ,  kayak apa jadinya  masyarakat, sudah miskin,
bodoh, dan tidak beriman pula.
 Agama bisa dijadikan oasis bagi  orang orang yang dahaga, tempat berteduh
bagi musafir yang letih (puitis aja lagi),

Terus bagaimana dong kita memandang semua  keruwetan /semarawutan  yang
terjadi ini?
Kalau menurut saya sih, selama mayoritas rakyat kita  masih miskin dan yang
berakibat pada kebodohan, kita akan begini terus.
Kalau melihat realitas sekarang, kita  pakai ilmu tukang buah aja lagi,
yang bagus-bagus harus di elus-elus, di baek-baek-in, diusap-usap ,
dipelihara supaya gak jadi busuk.
Yang busuk kalau memang sudah parah, ya harus disingkirkan, kalau kate
tukang buah orang betawi , itu buah harus "di gejik" supaya hancur.

* *Masalah "maling yang beramal" yang banyak di sekeliling kita

Bingung  ya mas , kok bisa kayak gini ? Ya pantas bingung mas, karena
mereka sendiri memang  orang yang sedang bingung.
Mondar-mandir dari satu penampilan ke penampilan lain, Tuhan sudah mengenal
jenis orang seperti ini  , sebagaimana dikatakan dalam Al -Qur'an:
" Dan (ada pula ) orang-orang yang mengakui dosa-dosa mereka, mereka
mencampurbaurkan pekerjaan yang baik dengan pekerjaan lain yang buruk.
Mudah-mudahan Allah menerima tobat mereka. (Q.9:102)"
" Dan Dia mendapatimu sebagai orang yang bingung, lalu Dia memberikan
petunjuk. (Q.93:7)"

 Aku kasih jokes tentang perokok berat yang ingin berhenti merokok,
mudah-mudahan Mas Yanto belum pernah dengar:
" Ada seorang perokok berat yang berusaha keras untuk menghentikan
kebiasaan merokoknya, dia sudah mencoba  tapi selalu gagal .
Di mass media seringkali disampaikan  bahayanya merokok bagi kesehatan.
Untuk memberi dorongan kepadanya untuk berhenti merokok, dia mencoba
mendengarkan, menonton dan membaca   semua penjelasan mengenai  bahayanya
rokok .
Setelah sekian lama mengikuti , mendengar, membaca dan melihat   penjelasan
bahaya merokok , akhirnya dia paham betul betapa besarnya bahaya rokok bagi
kesehatan dirinya,  dia menjadi sadar dan kemudian  membulatkan tekadnya
untuk segera berhenti .
Berhenti merokok? Ya nggak mas, dia  memutuskan "berhenti" , untuk melihat,
mendengarkan atau membaca  segala sesuatu yang berkaitan dengan bahaya
merokok. Rokoknya,  ya jalan terus! "
Selain merokok ,  olahraga juga ,vitamin jalan juga, supaya......sehat.
(Boleh dong.... namanya juga usaha.)

Mas Yanto pernah dengar  nggak, bahwa didalam kehidupan kita ini , ada: "
kebaikan yang membinasakan , dosa yang paling mencelakakan dan dosa yang
bermanfaat " ?
Ini adalah sebuah dialog antara guru sufi dengan muridnya, (aku kutip
sebagian):
Murid : Wahai guru, dosa apakah yang paling mencelakakan?
Guru  : Dosa yang tidak kamu sadari bahwa itu suatu dosa. Yang lebih celaka
lagi adalah menganggapnya suatu kebajikan, pada hal itu dosa.
Murid : Lantas, apakah ada  dosa yang bermanfaat,,guru ?
Guru  : Ada !  Yaitu dosa yang selalu kau sesali, kau tangisi sampai mati,
hingga tak berbuat dosa lagi. Itulah tobat nasuha, namanya
Murid : Sebaliknya guru, apakah ada kebajikan yang justru akan
membinasakan?
Guru :  Dialah kebajikan yang membuatmu lupa akan perbuatan-perbuatan
kejimu; kebajikan yang selalu kau ingat-ingat,  kau bangga-banggakan , dan
terlalu yakin hingga kau  tak gentar lagi terhadap dosa yang telah kau
perbuat.
(Saya tambah satu lagi dialognya , bonus buat mas Yanto, karena menurut
saya ini yang paling absurd dan indah )
Murid : Wahai Guru, mohon dijelaskan, rahmat Allah manakah yang paling
menguntungkan?
Guru : Bilamana Allah melindungimu dari ketidakpatuhan kepada-Nya, dan
menolongmu untuk taat kepada-Nya.

Menyikapi orang yang seperti Mas Yanto gambarkan sebagai maling yang
beramal, menurut saya, kalau maling ya tetap maling, ditangkap, diadili dan
harus dihukum.
Ibadah dia nggak ada urusa sama hukum dunia, itu urusan  dia dengan Tuhan.
Manusia memang unik mas, dengan segala kelebihan dan kekurangannya ia
berusaha keras  " menjalani dan mensiasati "  hidupnya,  sebagaimana
ilustrasi dan dialog tersebut di atas..

***Masalah hukum dunia dan hukum akhirat

Saya punya  sebuah ilustrasi,  kisah di jaman Rasulullah (ditulis menurut
versi saya).
" Dijaman Rasul , ada seorang  yang  taat beribadah,  pada saat  dia akan
meninggal, nafasnya gak putus-putus juga. berhari-hari nggak mati-mati
juga. Orang-orang heboh ,kok orang sealim ini bisa bermasalah dengan
kematiannya.
Rasulullah dipanggil, diceritakan masalahnya ,Rasul manggut-manggut
kemudian rasul bertanya apa masih ada keluarganya.
Selainnya istrinya, ternyata ibunya masih hidup. Rasul mendatangi ibu orang
tersebut dan menceritakan bahwa anaknya sakit parah hampir meninggal, si
ibu dengan cueknya ber kata : "Oh ,ya....? Biarin aja, mau mati kek!".
Rasulullah faham, pasti ada masalah nih antara anak dan ibu.
Setelah di selidiki lebih jauh ternyata si ibu marah berat karena merasa
ditelantarkan oleh si anak setelah dia menikah, Rasul meminta si ibu
memaafkan anaknya yang sudah akan meninggal, si ibu tetap keukeuh nggak mau
memaafkan anaknya.
 Wah, runyam juga nih urusannya, si ibu ngotot gitu. Akhirnya Rasul meminta
sahabat untuk mengumpulkan kayu bakar di depan rumah si ibu, setelah cukup,
lalu rasul menyuruh si sakit dibawa kesana. Lalu Rasul berkata pada si ibu,
bahwa anaknya  harus di hukum di dunia untuk melepaskan dosanya, hukumannya
adalah hukuman mati dengan dibakar. Mendengar hukuman berat buat anaknya,
si ibu shock ,  dia pasti nggak tega lagi. Akhirnya, dia memaafkan si anak,
dan si anak  akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya dengan lega...."

Dalam islam, urusan dunia yang menyangkut hubungan manusia dengan manusia
memang harus diselesaikan di dunia mas Yanto, termasuk juga penerapan hukum
yang harus dijalankan.
Masalah hukum dunia (yang kita disepakati oleh kita semua)  pasti akan akan
diikuti oleh umat Islam ,  hukum islam itu  paripurna  ia akan dapat
mencakup hukum dunia yang dibuat oleh manusia.
Saya setuju banget kalau koruptor-koruptor , perampok/pembunuh/pemerkosa
dan bandar narkoba kelas berat untuk dihukum mati, saya rasa begitu juga
dengan  umat islam lainnya.
Tapi itu mah terserah ibu Mega aje, namenye juge dia yang lagi kuase. Itu
kepikir nggak ame die ye?

****Penerapan Hukum di Singapura

Itulah yang ingin saya sampaikan Mas,  bahwa agama  pasti tidak akan
mengeliminasi (Jadi ingat Akademi Fantasi-Indosiar)  penerapan hukum dunia,
karena agama  akan mengikuti semua peraturan  baik yang telah dibuat
manusia (akomodatif).
Saya yakin sekali,  bahwa apabila mayoritas suatu masyarakat  tidak lagi
miskin , tidak lagi kelaparan , tidak lagi pusing dengan kebutuhan primer
(walaupun barangkali kurang berilmu), beragama apapun dia , penerapan hukum
pasti  bisa berjalan,
 Mas mencontohkan Singapura yang mengabaikan agama, saya mencontohkan
Malaysia, Brunei,  negara Arab (barangkali   kurang berilmu), mereka negara
kaya dan beragama, hukum disana juga bisa ditegakkan.
Menurut saya , negara  yang  beragama apapun , kalau kemiskinan yang
menjadi kendala , maka penegakan hukum tidak akan berjalan dengan baik.

Penutup nih mas,
Jadi...menurut saya sih , akar dari semua ini permasalahan ini adalah
"KEMISKINAN"  yang berakibat    "KEBODOHAN".
Di ITB dulu, Kemal Taruk bekas Ketua DM ITB pernah mencanangkan "Gerakan
Anti Kebodohan" ,  sekarang ini perlu ada  yang mencanangkan lagi "Gerakan
Anti Kemiskinan dan Kebodohan" bagi rakyat Indonesia, dengan konsep dan
implementasi tentunya.

Sekian dulu dari saya  yang bodoh ini Mas Yanto,  sekali lagi ,ini  bukan
pencerahan ya mas Yanto, ini sekedar obrolan ringan dengan "Aa" saya ekek
angkatan III .
Mohon dimaafkan  untuk kata yang salah  dan yang  tidak berkenan  bagi Mas
To (sok akrab) atau teman-teman lainnya.

Salam Hormat
Hudaya
Ekek XIII

                      "Yanto R.

                      Sumantri"                To:      [EMAIL PROTECTED]

                      <[EMAIL PROTECTED]         cc:

                      id>                      Subject: [yonsatu] Re: yonsatu Digest
V4 #53 & Sorga/Neraka- tanggapan buat
                                               mas       Herrmansyah

                      02/27/2004 09:15

                      AM

                      Please respond

                      to yonsatu

Wah asyik juga membaca diskusi antara Hudaya (Ekek XIII) dan Hermansyah
(Ekek XIV) , mengenai pandangan agama dalam kehidupan "nyata" ,khususnya
di Indonesia.

Saya samapai sekarang memang masih bertanya - tanya : Ada apa gerangan
atau apakah ada hubungan(ndak tahu apa linier , hyperbol,kwardat
terbalik . logorithmic atau apapun) antara banyaknya mesjid , gereja ,
wihara , majlis ta'lim , pengajian ibu ibu ,bertambahnya wanita
berjilbab ,  perayaan keagamaan , jumlah jemaah haji yang membludak dst
dengan tingkat kehancuran republik , tingkat korupsi yang masih tinggi ,
tingkat ketidak percayaan antar warga , tingkat perkelahian antar
kelompok  , tingkat perkelahian antar RT ,tingkat pengangguran dsb.

Apakah ada ?

Nah Mas Hudaya , berangkali bisa memberikan pencerahan kepada saya (Ekek
- III) , bagaimana ????

Mas Hermansyah : Anda merupakan orang yang sangat berfikiran sekuler ,
dan saya senang bahwa Anda berani mengemukakan hal ini secara  terbuka .

Saya setuju sekali bahwa banyak yang "beramal" kemudian "mencuri" atau
bahkan mungkin kebanyakan "mencuri" dulu , sambil beramal "malu-malu" ,
kemudian setelah banyak hasilnya baru kemudian  "beramal - saja".
Ya macam macam lah, pergi haji berkali - kali , buat pengajian , sedekah
, dan lain lain yang memperlihatkan 'kesolehan" nya.

Banyak tuh yang begitu disekeliling kita !!!

Jadi Mas Hudaya :
Jangan salahkan siapapun kalau orang kayak Mas Hermansyah itu bertambah
banyak ?
Sebagai orang "beragama' ya harus takut juga doong sama hukum dunia
(atau istilahnya Mas Hermansyah hukum yang telah disepakati oleh kita
semua) , jangan takut sama hukum Akhirat saja.

Anda mengambil contoh Singapura dimana hukum dilaksanakn secara
konsisten !
Untuk informasi Anda Mas Hudaya  : Orang Singpura itu tidak begitu
peduli koq sama agama !!!!

Sekali lagi mohon pencerahan atas pertanyaan saya diatas.

Yanto R.Sumantri
(Ekek - III)
[EMAIL PROTECTED] wrote:

> [...]
> dst.  Saya tahu ini pernyataan yang tidak benar, karena bukan yang begini
> yang diajarkan oleh agama bukan?  Tapi, yang banyak terjadi di negeri
kita
> ini kan ya seperti itu?  Kita nggak bisa lagi membedakan mana amal ibadah
> yg murni dan mana yang kotor.  Dan ini sudah berpuluh2 tahun terjadi.
> Melanggar hukum iya, melakukan amal ibadah dan saling nasihat menasihati
> dalam hal keimanan juga iya.  Secara umum kelihatannya kan begitu, persis
> seperti contoh yang rekan Rizal Ahmad tulis:  "...Bagaimana mungkin
mereka mencoba menulis tentang hukum dan norma
> [...]
> pelbagai macam siraman rohani.  'Berjalanlah di jalan yang benar,
> sucikanlah hati dan pikiranmu, berbicaralah yang baik2 saja,
> berperilakulah yang baik2 saja, maafkanlah mereka , doakanlah mereka,
> takutlah hanya kepada Tuhan saja, dst., dst".
>
> Yaa, tentu bagus siraman rohani itu.  Tapi, apakah ini dapat memecahkan
> persoalan yang kita hadapi saat ini sebagai bangsa?   Apakah ia dapat
> memecahkan masalah sistem hukum yang carut marut itu?
>
> Karena saya mengeluarkan kata sindirian yang seolah2 memojokkan agama dan
> terkesan naif itu, maka andapun menduga saya apriori terhadap agama.
Kalau
> [...]
> ludahnya sendiri.  Saya bependapat, bahwa agama tidak jelek dan jahat,
> akan tetapi, manusia yang menginterpretasikan dan menyebar luaskan agama
> itulah yang berpotensi membuat agama itu terkesan jelek dan jahat.
> Terhadap segala kesengsaraan yang kita derita itu, manusialah yang
> seringkali menjadi penyebab utamanya, diluar bencana alam.  Manusialah
> yang berpotensi memperbodoh, memperbudak, menipu daya, menyengsarakan dan
> menginjak-injak hak azasi manusia, bukan agama!
>
> Ini ternyata cocok dengan temuan pak ABS yang berbunyi: 'Soal korupsi dan
tindakan melanggar hukum lainnya, menurut statistik
> [...]
masyarakat
> makin bodoh.  Dan, bodohnya masyarakat itu, menurut saya, karena
kebodohan
> masyarakat itu sendiri.  Salah satu kebodohan itu adalah misalnya,
mencoba
> memecahkan masalah2 duniawi dengan hanya ayat2 suci.  Dengan mengingatkan
> orang untuk selalu berbuat baik, tidak berbuat kejahatan, selalu bertakwa
> kepada Tuhan, dlsb.  Hanya mengingatkan lho ya, tanpa sangsi.  Tapi,
> dilain pihak anda sendiri mengatakan bahwa: 'Ayat-ayat Tuhan memang
tujuannya bukan untuk membuat manusia jera kok,
> [...]
> siraman rohani.  Yang mereka inginkan adalah hidup aman, damai,
sejahtera
> dan berkeadilan.  Itu hanya bisa dicapai, menurut saya, hanya melalui
> langkah2 kongkrit, yang salah satunya adalah terus menerus mengencourage
> kita semua untuk sebanyak mungkin dan dalam tempo yang sesingkat2nya
> menjadi orang2 yang punya nyali untuk melaksanakan hukum secara konsisten
> dan tidak pandang bulu.
>
> Bahwasanya orang2 yang punya nyali itu adalah 'manusia amanah' seperti
> yang rekan Sodik katakan seperti berikut ini: "Menurut saya, Indonesia
bukan hanya butuh pemimpin yang bernyali tetapi
> [...]
> dan kedudukannya serta tidak "alergi" atau mengingkari ayat-ayat Allah
> swt...", siapa yang tidak mau.  Idealnya tentu demikian.
>
> Anda selanjutnya mengatakan:  'Peraturan bukan satu-satunya mas Herman,
coba mas Herman perhatikan,
> kondisi pelanggaran hukum banyak terjadi di negara  yang penduduknya
> miskin dan tingkat pendidikannya masyarakatnya rendah. Yang kaya dan
> pintar akan mengexploitir yang miskin dan bodoh, si kaya dan si pintar
> akan mengendalikan sistem dan hukum sesuai kebutuhannya.'.  Saya setuju
peraturan bukan satu2nya penyebab.  Pendidikan yang buruk,
> [...]
>
> Menurut saya, satu2nya cara untuk meraih cita2 konstitusi itu adalah
> dengan melatih kita semua untuk 'taat' pada kesepakatan yang telah kita
> buat bersama itu, ya hukum itu.  Rasanya, ketaatan pada hukum itu pasti
> akan semakin tebal, kalau seseorang itu patuh pula pada ajaran2 agamanya.
> Tapi, sayangnya kenyataan menunjukkan bahwa kepatuhan kepada Tuhan, toch
> tidak meningkatkan kepatuhan seseorang pada hukum.  Apalagi kalau kita
> setuju pada pendapat anda yang mengatakan bahwa sifat kedua hukum itu
> berbeda, seperti yang anda tulis: 'UU negara kalau anda bersalah
melanggar hukum, tertangkap, diadili dan
> [...]
> kaidah2 pendidikan modern, tidak melanggar HAM, yang pada akhirnya hanya
> akan mendukung tercapainya cita2 konstitusi.
>
> Saya amat mengerti bahwa pikiran2 saya ini dapat membuat emosi pada
orang2
> yang keyakinan beragamanya merasa terusik.  Untuk itu saya mohon maaf,
> karena saya tak punya niat sedikitpun untuk mengusik keyakinan2 itu, sama
> halnya pula bahwa saya tidak mau orang2 itu memaksakan keyakinan
> keagamaannya itu kepada saya.  Pun, saya sama sekali tidak berkehendak
> untuk menggusur agama seperti yang anda tulis berikut: 'Kalau ada yang
tidak beres dengan sistem sosial masyarakat, bukan agama
> [...]
> Kalau amal ibadah kita karena cinta, kita tidak akan "berhitung" mas
> Herman
> ( mudah-mudah ini tidak terlalu absurd buat mas Herman).
>
> Mas Herman pernah lihat ayat-ayat Tuhan dalam  kitab suci, nggak?
> Al-Qur'an
> misalnya,
> Di Al-Qur'an, dijelaskan, bahwa Mas Herman terbentuk dari setetes mani,
> bagaimana bumi terjadi dan berputar dalam orbitnya, dlsb.
> Di dalam Al-Qur'an diberikan pengetahuan yang sangat luas kepada manusia
> (yang sudah dirangkum 14 abad yang lalu), kalau mas Herman punya
Al-Qur'an
> [...]

> News Groups     : gmane.org.region.indonesia.mahawarman
> Other Info      : <http://www.mahawarman.net>

Arsip             : <http://yonsatu.mahawarman.net>  atau
                  <http://news.mahawarman.net>
News Groups : gmane.org.region.indonesia.mahawarman
Other Info  : <http://www.mahawarman.net>

Arsip           : <http://yonsatu.mahawarman.net>  atau
                  <http://news.mahawarman.net>
News Groups     : gmane.org.region.indonesia.mahawarman

Kirim email ke