Untuk nomor 1:
Pak Ardi bisa menangkap maksudnya saya :-)

Maunya memang begitu, sayangnya penerbit kartu kredit punya batas
bawah kredit minimum yang bisa diberlakukan (contoh: kredit limit BCA
silver yang paling minimum yang diijinkan adalah 3 juta, tidak boleh
lebih rendah lagi).

Mungkin penerbit kartu kredit tidak mau memberlakukan limit kredit
yang terlalu rendah (atau 0) karena pendapatan terbesar kartu kredit
dari bunga pinjamannya yang luar biasa tinggi kali?

---

Menanggapi respon seorang rekan via japri, trims! Kelihatannya visa
electron ditolak oleh sebagian merchant yang mesinnya belum
mengakomodasi visa electron, maupun sebagian merchant di internet.

--- In [EMAIL PROTECTED], "ardi" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Nomor 1:
> Sebenarnya kartu kredit biasa juga bisa digunakan dengan cara itu.
Pertama pilihkah kartu kredit kelas silver (karena annual fee rendah)
lalu minta yg limitnya rendah juga, untuk membatasi resiko kredit
anda. Lalu isilah dengan dana tunai maka kartu kredit anda siap
dipergunakan untuk transaksi yang lebih besar daripada limit anda.
Paling bank penerbit yang bingung kenapa saldo anda selalu kredit
(seperti tabungan) bukannya debit (seperti pinjaman).

> Nomor 2:
> Iuran kartu kredit yg paling murah adalah yg free, biasanya ada di
kartu kredit yg baru diterbitkan, sebagai bagian dari promosi, namun
biasanya untuk tahun pertama saja. Yang kedua lebih murah bisanya
adalah kartu kredit kelas siver terbitan bank lokal. Masih ada yang
100ribu setahun. Atau kartu kredit yang bukan member Visa/Mastercard
(contoh: BCA Card, maaf bukan promosi), annual fee di bawah 100ribu.
Tapi tidak bisa dipake di luar negeri, atau merchant yang hanya
menerima Visa/Mastercard.

> Ardi

terbatas seperti visa electron?