From: Hardi Darjoto <[EMAIL PROTECTED]>
To: AhliKeuangan-Indonesia@yahoogroups.com
Sent: Thursday, June 26, 2008 3:45:22 PM
Subject: [Keuangan] Re:Perang dunia III=perang mata uang

Saya kira sudah lama negara2 di dunia menggunakan senjata "mata-uang" untuk
"berperang" dengan negara lainnya, mungkin sejak nilai mata uang tidak
ditentukan oleh emas lagi. Apakah itu yang anda maksud sebagai "PD III"? Ada
yang mendevaluasikan mata uang supaya barangnya lebih laku, ada yang mem-peg
dengan mata uang negara lain supaya negaranya menjadi tempat investasi, dan
lain-lain. Dan berbagai macam cara lain menggunakan mata uang, supaya negaranya
"menang".

Sementara kutipan Einstein itu, bagi saya adalah peringatan untuk seluruh umat
manusia. Karena bila manusia terus-menerus berlomba-lomba membangun senjata
pemusnah massal (nuklir), seperti yang disaksikan Einstein pada masanya, maka
bila terjadi PD III, umat manusia dan peradabannya akan musnah. Jadi kalaupun
ada manusia yang selamat dari PD III, maka peradaban mulai lagi dari titik nol,
sehingga kalaupun manusia masih "dungu" mau perang dunia lagi, maka senjatanya
hanya tongkat dan batu, dalam arti sebenarnya.

Salam
Hardi