Ini terlalu menarik untuk tidak dikomentari :-D,

Data SID ini apakah sama dengan credit report yang ada di BI? Yang setahu saya
boleh diambil di kantor BI dengan membawa kartu identitas? Atau SID ini adalah
sistem informasi antar bank yang berbeda yang tidak disimpan di BI?

Kalau saya baca sekilas, kelihatannya sebuah bank bisa mencelakakan nasabahnya
agar cuma bisa meminjam di bank tersebut, dengan cara membuat laporan kredit
macet yang palsu. Sementara tidak ada mekanisme bagi nasabah untuk menantang
keabsahan data yang ada karena nasabah tidak diberitahu bank mana yang
mengklaim kredit macet.

Bukankah baik bagi bank kalau nasabah bisa menantang keabsahan laporan kredit
macet dari bank lain, sehingga pengajuan kredit nasabah yang seharusnya layak
tidak akan ditolak karena bank tertipu data palsu? Apa alasan munculnya aturan
aneh yang malah merugikan bank ini?

--- In AhliKeuangan-Indonesia@yahoogroups.com, "Oka Widana" <o...@...> wrote:

> Data SID belum bisa dibagi kepihak lain. Pd dasarnya data itu bersifat
> rahasia, bisa dibuka jika debitur ybs mengajukan aplikasi kredit ke bank.
> Kemudian bank tsb meng-inquiry data via SID, hanya utk data debitur/nasabah
> yg mengajukan aplikasi kredit.
> Data yg telah di-retrieve hanya utk kepentingan internal, bank yg memproses
> pengajuan kredit. Data tsb TIDAK BOLEH dibagikan kepada pihak lain. Bahkan
> tidak kepada Debitur yg mengajukan kredit.
>
> Contoh, saya mengajukan KPR ke bank X, kemudian ternyata ditolak. Saya pasti
> [...]

Kirim email ke