PDCA jalan dengan asumsi bhw variables relatif known, time horizon decision
relatif long, dan outcomes relatif predictable. Kasus century bukan kasus yg
biasa, penanganannya jg mesti ngak biasa.

Tapi, aku pgn respond dgn cara yg lain. Beberapa saat yg lalu, aku baca report
menarik ttg. seorang perwira marinir Inggris, yg bertugas di kapal perusak
Gloucester, yg saat itu ditugaskan dalam operasi Desert Storm (kuwait) thn
1991. Kapal tsb fungsinya memonitor dan melindungi armada2 laut Sekutu yg ada
di pelabuhan Ash Shuaybah.

Tgl 24 Feb 1991, sang perwira sedang bertugas jam 5 pagi, ketika dia lihat ada
blip tak terindentifikasi di radar. Tiba2 membuat dia ada perasaan lain. Ini
teman atau lawan (missil musuh). Blip terbaca dalam frequensi dimana pesawat
A-6 Amrik biasanya muncul jg ketika kembali ke kapal induk.  Sialnya, para
pilot yg pulang sering mematikan sistem identifikasi di pesawatnya untuk
menghindari misil Irak.

Menurut prosedur masih ada satu cara lagi untuk mengidentifikasi apakah itu
lawan atau teman. Tapi scara itu pun tidak mungkin lakukan lagi. APalagi waktu
sangat mepet, sementara benda yg terlihat diradar bergerak semakin cepat.

AKhirnya sang perwira tsb, Michael Riley, memutuskan untuk memerintahkan
menembakkan misil Sea Dart ke arah benda misterius tsb. Benda tersebut runtuh
300 meter dari kapal USS MIssouri. Temankah atau lawan? TRErnyata benda tsb
memang misil Silkworm milik Irak.

Apa yg membuat Riley bisa "benar"? Dia sendiri ngak bisa menerangkan.

-Enda

--- In AhliKeuangan-Indonesia@yahoogroups.com, "nazarjb" <naza...@...> wrote:

> Dalam ilmu manajemen, dikenal empat proses, yaitu: planning,  doing,
> controlling, actuating (PDCA)
> 1.    Dalam tahap planning, biasanya dilakukan penganggaran dan penentuan
> program dan sistim kerja, sasaran.
> 2.    Tahap Doing, biasanya menjalankan program-program tersebut sekaligus
> mengalokasikan anggaran
> 3.    Controlling, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan (doing) apakah
> sesuai atau terjadi penyimpangan dari planning.
> 4.    Actuating, mengambil feedback dari proses controlling dan membuat
> planning baru (perbaikan).

> [...]

Kirim email ke