Menurut saya perkembangannya lambat karena terlalu eksklusif. Bisa dilihat di
milis ini. Berapa orang pakar IB? Kebanyakan dari bank/ekonom konvensional
setidaknya yang saya amati jika ada diskusi tentang ekonomi syariah di milis
ini. Mungkin pada ngumpul di milis syariah ya.

Padahal prinsip ekonomi tanpa riba ini kan bukan eksklusif milik satu agama
tertentu. Anehnya semua bank seragam menamai sebagai IB. Padahal coba saja ada
satu bank yang berani memberi nama yang lebih inklusif tetapi beroperasi dengan
prinsip prinsip syariah dan dikelola oleh orang orang yang profesional sehingga
returnnya besar tentu marketnya akan lebih luas.

Misalkan saja iklannya yang belum pernah saya temui:

Selamat datang Bapak Bapak dan Ibu Ibu di Bank Nir Bunga kami. Profesionalitas
dan pelayanan dari kami akan memastikan bahwa dana yang anda percayakan kepada
kami akan kami kelola secara profesional sehingga memberikan manfaat yang nyata
bagi anda dan keluarga. Sebagai bukti keprofesionalan kami, bisa kami
perlihatkan return bagi hasil dari simpanan berjangka nasabah  kami tahun
kemarin sebesar 15% sehingga terbukti kami bisa memberikan kepuasan dan
sekaligus ketenangan batin tiap nasabah kami.

Bahasa sederhana, umum, tapi lugas menjangkau inti operasional Bank Syariah.

Kirim email ke