ikutan...

IMHO, listrik untuk konsumsi, konsumsi yang mana dulu? Kalau rumah tangga masuk
konsumsi? Jika ya, maka daya beli masyarakat akan terpengaruh.....
Industri memang penting disupport
Saya tidak mengerti struktur harga tetapi menurut saya, harga listrik kudu
ringan untuk industri, rumah tangga dan industri/bisnis rumah tangga. Ada extra
duit buat invest atau belanja bahan tanpa menurunkan kualitas produk sehingga
kita bisa bersaing.
Di Cina industri/pabrik meng subkan pekerjaan ke kelompok rumah tangga dimana
seluruh anggota keluarga ikut merakit, ataupun menyediakan akomodasi/ngekos
kepada karyawan lain.Untuk itu tentu listrik jadi salah satu faktor biaya. Jika
listrik mahal, biaya sub kon mahal, biaya kos karyawan mahal dan lain2nya
mengekor.

Bayangan saya listrik untuk konsumsi ya bioskop, mall, tempat2 hiburan kan
customernya sudah mampu. Listrik memang harus masuk harga keekonomiannya tapi
kalau selektif tentu multiplier efeknya akan positif.

PLTN,PLT panas bumi, PLTA, PLT angin, PLT ombak, plt matahari banyak
alternatif, tapi kenapa ya kok nggak terdengar gaungnya? Kenapa kok (lagi2)
kita yang jadi harus menutup rugi ongkos produksi padahal udah tahu bbm tidak
bakal makin murah.

Di Jepang udah lama banget ada desa dengan solar panel, kalau produksi
listriknya lebih dr penggunaan, maka meter listrik berputar arah sebaliknya
artinya penduduk menjual listrik ke Perusahaan Listriknya.

Jadi kalau saya menilai  ada problem ongkos yang bisa diatasi dengan inovasi
yang ada. Misalkan saja, PLN menyewakan solar panel listrik sehingga mengurangi
beban produksi.....

Well sekedar uneg2 saja karena siapapun tahu each coin has two sides.

successberry