Nimbrung,

5 why.....
Kenapa jalan macet? Karena banyak kendaraan,

kenapa banyak kendaraan? Karena banyak orang yang butuh kendaraan dalam arti
transportasi dari titik a ke b dari rumah ke tempat kerja

Kenapa banyak orang butuh kendaraan?
Karena tempat kerja jauh dari rumah, dan dalam perjalanannya melintasi banyak
jalan dan daerah,

Apa efeknya? menambah simpul macet di mana2 sepanjang routenya.subsidi bbm
terbuang jadi polusi, high cost economy karena inefisiensi.

Jadi menurut jalan pikiran saya yang sederhana mohon maaf kalau boleh saya
ikutan merenung....
Tata kota yang tidak friendly terhadap warganya, dimana warga tinggal
jauuuuuuuuuuh dari tempat kerjanya. Selama ini tidak dibenahi, maka beban akan
jatuh ke jalan, boros bbm, boros spare part, subsidi bbm dan infra struktur
makin tidak memadai.
Jumlah  tower/building yang menjadi pusat bisnis tidak diimbangi jumlah tempat
tinggal yg memadai. Harga rumah/ apartemen yg terlalu mahal ( apa jadinya kalau
asing boleh beli ya?) Sehingga masalah transportasi makin kronis...

Ada artikel jadoel banget yg saya suka:  Seoul yg jumlah penduduknya besar tapi
tidak seberapa macet. Karena ada ratio jumlah apartemen yg harus dipenuhi untuk
setiap business distrik sehingga sangat umum masyarakat jalan kaki ke  tempat
kerja atau 1-2 point terminal transportasi masal bisa mencapai area yg
diinginkan.
Tidak high cost economy, ketergantungan bbm tidak parah, tidak polusi,
produktifitas meningkat, biaya kesehatan rendah, kalau malam tidak jadi kota
kosong ...dlsbgnya.

Jadi perlu rancangan tata ruang kota yg friendly terhadap warga

Kembali ke banjir, saya bingung dengan ibu kota kita, air tanah disedot
sehingga tanah mengalami penurunan. Tapi, sungai/situ  dll tidak cukup bisa
melakukan penyerapan/ pengaliran

Gimana sih caranya agar air yg ada misal di  sungai sebelum terbuang ke laut
bisa diserap jadi  air tanah terlebih dahulu?tapi di lain sisi, kalau hujan,
tidak banjir?

Kalau bisa terlaksana, akan banyak sekali manfaatnya yaitu mempertahankan
struktur tanah dari penurunan dan tidak banjir.

Btw, ini juga tanda dari global warming- dibeberapa daerah di nusantara
sekarang mengalami banjir yg tidak pernah terjadi sebelumnya....

Semoga banjir ibukota tidak disaingi dan diclaim patennya oleh negara lain.

Salam
successberry

Kirim email ke