From: winarto sugondo <sugondo.wina...@gmail.com>
Sender: AhliKeuangan-Indonesia@yahoogroups.com
Date: Fri, 9 Jul 2010 19:05:23
To: <AhliKeuangan-Indonesia@yahoogroups.com>
Subject: Re: [Keuangan] Perlakuan Akuntansi Komersil dan Fiskal

Dear Pak Ryan,

Wah....suatu kehormatan saya bisa berdiskusi dengan anda. Low profile high
quality.

Saya coba diskusikan dibawah kalimat Bapak saja ya.

> [...]

> standar akuntansi komersil teramat banyak.
>
> Saya ambil 1 contoh sebuah BUMN yang cukup besar. Mereka baru saja
> melakukan
> revaluasi aset tetapnya dan mebukukan gain yang cukup besar atas revaluasi
> tersebut. Namun, karena sesuai peraturan perpajakan yang berlaku,
> Perusahaan
> tersebut berkewajiban membayar PPh Final atas penghasilan kenaikan nilai
> fixed asetnya.
>
> Secara akuntansi komersil, gak ada gain yang masuk di dalam PnL-nya karena
> satu sisi masuk aset, sisi lain masuk ekuitas.

Hal ini sudah dijawab oleh Pak Hendro. Nice and Smart Guy too. Kewajiban ini
masuk UU PPh Pasal 19.

> Tapi secara pajak dia kena 10% final. Lantas apa yang dilakukan oleh
> mereka?
> untuk keperluan perpajakan, daftar aset tetap yang ada tidak dinilai sesuai
> dengan nilai setelah revaluasi, sehingga mereka mempunyai 2 daftar aset.

Untuk apa memakai 2 daftar asset, perpajakan menerima kok untuk perbedaan
jenis penyusutan. Apabila kita membahas mengenai perubahan nilai sisa
sehubungan dengan telah dilakukannya revaluasi, maka coba Bapak baca
peraturan yang tadi saya berikan. Ada banyak parameter checking yang wajib
dipenuhi yang berakibat pada perhitungan jumlah biaya penyusutan yang
diperbolehkan untuk disusutkan pada perhitungan PPh 29.

> Hal ini terjadi juga bahkan di perusahaan2 kecil, karena adanya perbedaan
> pengakuan Aset Tetap. Secara akuntansi komersil telah dibebankan sebagai
> biaya, secara perpajakan masuk dalam daftar aset tetap.

Perusahaan kecilnya seperti apa Pak? Kalau bangku dari besi Anda mau
biayakan sekaligus dimana memang memiliki masa pemakaian yang dapat lebih
dari 1 tahun apakah secara akuntansi diperbolehkan? Kalau secara pengertian
petugasnya mengatakan bahwa tidak boleh ya silahkan patahkan bangku itu
didepan petugasnya, berarti bangku tersebut dapat dengan mudah rusak dan
wajar apabila dibiayakan dalam 1 tahun komersil.

> Apakah hal ini pernah didiskusikan di level IAI dan DJP? sepanjang saya
> mengikuti meeting dengan DSAK di Kantor IAI, belum pernah sekalipun hal ini
> diskusikan -- kebetulan saya salah satu member DSAK dari perwakilan Pasar
> Modal.

Nice guy, senang berkenalan dengan orang hebat seperti anda Pak.
Saya sebagai seorang praktisi pajak sering OL di millist tetangga yang
bernama Indonesia Tax Forum yang memang membahas di bidang perpajakan.
Disana banyak orang yang lebih ahli dari saya.

Dan dengan segenap hormat, permintaan maaf saya sampaikan kepada jajaran
moderator dan khususnya Pak Oka dan seluruh millister AKI kalau thread ini
berada diluar lingkup keuangan.

Salam,

Winarto Sugondo

Millis AKI mendukung kampanye "Stop Smoking"
Alamat penting terkait millis AKI
Blog resmi AKI: www.ahlikeuangan-indonesia.com
Facebook AKI: http://www.facebook.com/group.php?gid=6247303045
Arsip Milis AKI online: