mo nambahin aja nih..

klo disisi orang indonesia yg bergaji dollar, bisa menjadi turun
pendapatannya..
ini yg bertolak belakang dengan keadaan ekonomi indonesia. saat rupiah menguat,
di segelintiran orang yg merasa asap-nya dapurnya tidak terlalu ngebul.. (joke
aja)

sedikit melihat flash back dan mo nambahin davidbela...@ymail.com.
kejadian tahun 1998, mudah2an tdk terjadi lagi.. karena banyak yg bertumbangan,
terutama yg berhubungan dengan transaksi dollar/luar negri.. ada enaknya sih,
kl
orang yg duitnya banyak dollar, akan kesenengan. terjadi waktu 98-99 lalu,
punya
duit USD1000 jadi berapa tuh klo 16rb-18rb/ dollarnya. inget sekali saya, waktu
itu di mall di ibu kota dibanjiri oleh pebelanja.. krn orang yg kaya menjadi
kaya..

sektor properti juga menjadi ambruk, akan tetapi ada untungnya (dari sisi
pemilik dollar yg ditukarkan ke rupiah) bisa memiliki properti. harga rumah
menjadi sangat murah dan terjangkau.. dollar tinggi, langsung ditukerkan ke
rupiah dan deposito loncat kaya ketapel sgt tinggi. menyimpan uang USD10.000
dan
punya uang deposito Rp. 100jt (bunga saat itu 60% klo tdk salah) bayangkan yg
terjadi bagi pemilik uang dollar dan deposito.

fyi: ini terjadi pada keluarga dan bbrp sodara dekat, membeli rumah di kawasan
realestate. dengan pertimbangan yg matang dlm pembeliannya, yaitu pengembang yg
terpercaya. karena banyak pengembang properti yg ambruk ketiban dollar yg
memberatkan..

cheers,
reja yg baru belajar

From: Eko Prasetiyo <ekopraset...@gmail.com>

itu dari sudut pandang importir. klo eksportir psti ga beranggapan seperti itu.