Soal Anda setuju dg subsidi atau tidak, terserah Anda sih...tapi jangan
berfikir bahwa segala sesuatu yg diserahkan ke Pemerintah trus beres...

Harga seharusnya diserahkan kepada mekanisme pasar. Supaya harga murah, ya
produksi harus diperbaiki, infrastruktur harus diperbaiki. Bukannya cara
gampang, beli mahal jual murah seperti ide Anda. mana mungkin berfikir bahwa
kekuatan duit bulog sama dengan APBN? Anda pikir berapa besar kamampuan APBN
untuk dibebani tambahan subsidi pangan, apalagi kalo model mengampangkan
seperti Anda? untuk bayar subsidi BBM, bayar gaji pegawai dan bayar hutang saja
sdh mpot2-an...bukan masalah Pemerintah tega atau tidak....

Lagian bagaimana caranya mengontrol yang kaya beli beras mahal, yang miskin
beli beras murah? pake kupon? siapa yang mau menjalankannya? pejabat kelurahan?
bagi2 Bantuan Langsung Tunai aja dikorupsi..apalagi bagi2 beras....atau Anda
berharap orangkaya tahu diri? Katanya jangan report2...tapi ide Anda sangat
membuat report....

Balik aja keteori deh, inflasi kan bisa ditimbulkan sisi penawaran, atau sisi
permintaan. Kalo sekarang ini, nampaknya dari sisi penawaran, karena belum
masuk puasa harga dah tinggi. Jika spekulasi saya benar, maka seperti yng
dismpaikan member lain disini, yang tidak merepotkan, yg tinggal buka saja
import, kontrol dg tariff....toh selama ini juga sudah banyak diketahui bahwa
yang untung dg kenaikan harga bukan petani, melainkan para tengkulak dan
pedagang....Petani? mereka dah jual secara ijon.....saya kira peran Pemerintah,
kalo mau, seharusnya disini....bukannya ngacak2 mekanisme pasar....

--- In AhliKeuangan-Indonesia@yahoogroups.com, "Andi MF Avandy"