Kang,

Insya Allah perkataan itu hadits riwayat Bukhari Muslim. Nah untuk
memahaminya hadits tersebut harus dibaca lengkap dan dikerangkai
dengan ma'rifat terhadap Sifat-Sifat Allah.

Sesungguhnya Allah 'Azza wa Jalla berfirman : "Aku akan mengikuti
persangkaan hambaKu kepadaKu. Dan Aku selalu menyertainya apabila ia
berdoa kepadaKu".(h.r. Bukhari dan Muslim)

Allah 'Azza wa Jalla berfirman : "Aku mengikuti sangkaan hambaKu
kepadaKu. Dan Aku selalu menyertainya sepanjang ia ingat
kepadaKu."(h.r. Bukhari dan Muslim)

Bandingkan dengan hadits ini :

"Jagalah Allah maka Dia akan menjagamu..." (Wasiat Rasul pada Ibnu
Abbas)

dan ayat berikut :
"...Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum sehingga
mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri..." (QS. Ar
Ra'd : 11)

Jadi maknanya ialah dorongan untuk berdoa, berdzikir, dan beramal
kepada Allah untuk mengundang pertolonganNya.

Bukan bermakna bahwa irodah (kehendak) Allah muqoyyad (tergantung)
didahului irodah mahluk sebab perhatikan akhir ayat tadi :
"...Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka
tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi
mereka selain Dia".

Wallaahu'alam,

= Wizh =

--- In [EMAIL PROTECTED], "Chandraleka" <[EMAIL PROTECTED]>

http://us.click.yahoo.com/J8kdrA/y20IAA/yQLSAA/TXWolB/TM