Assalamu 'alaikum warohmatulloh wabarokatuh...
 Alhamdulillah, washolatu wassalamu 'ala rasululillah, wa ba'd.

Alloh subhanahu wa ta'ala berfirman :

 áóÞóÏú ÌóÇÁßó ÇáúÍóÞøõ ãöä ÑøóÈøößó ÝóáÇó Êóßõæäóäøó ãöäó ÇáúãõãúÊóÑöíäó

Artinya: "Sesungguhnya telah datang kebenaran kepadamu dari Tuhanmu, sebab
itu janganlah sekali-kali kamu temasuk orang-orang yang ragu-ragu." (QS.
Yunus [10] : 94)

Ikhwah sekalian... Sebagaimana kita ketahui semua, bahwa tidaklah jin dan
manusia diciptakan melainkan untuk beribadah kepada Alloh semata.
Dan untuk bisa melaksanakannya maka tidak bisa tidak, adalah wajib bagi
setiap muslimin untuk tholabul Ilmi.

Salah satu tujuan milis ini adalah menjembatani diatara ikhwah sekalian
untuk saling bertukar ilmu pengetahuan (tholabul-ilmi), yang tentunya
tidak meninggalkan syarat-syarat penulisan ilmiah dalam setiap posting
dengan mencantumkan referensi dan/atau hujjah-hujjah yang shahih. Sehingga
yang keluar tidaklah sekedar perkataan yang tanpa hujjah.

Alloh subhanahu wata'ala telah telah memberi peringatan :

æóáÇó ÊóÞúÝõ ãóÇ áóíúÓó áóßó Èöåö Úöáúãñ Åöäøó ÇáÓøóãúÚó æóÇáúÈóÕóÑó
æóÇáúÝõÄóÇÏó ßõáøõ ÃõæáÜÆößó ßóÇäó Úóäúåõ ãóÓúÄõæáÇð

Artinya: "Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai
pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati,
semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (QS. Al-Isro' [17] :
36)

Masing-masing kita berusaha untuk sebisa mungkin melaksanakan ketaatan
mendekati sunnah. Tapi bukan berarti masing-masing kita boleh menyatakan
bahwa kitalah yang sudah sesuai sunnah. Timbangan setiap amal kita sesuai
sunnah atau tidak bukanlah apakah telah sesuai dengan apa yang kita atau
kelompok kita pahami, melainkan sudah sesuaikah apa yang kita lakukan ini
seperti apa yang dilakukan para salaf yang sholih.
Sesungguhnya tidak ada yang lebih memahami tentang agama ini sebaik para
salaf yang sholih dari kalangan para sahabat baik Muhajirin maupun Anshor.
Alloh berfirman :

 æóÇáÓøóÇÈöÞõæäó ÇáÃóæøóáõæäó ãöäó ÇáúãõåóÇÌöÑöíäó æóÇáÃóäÕóÇÑö
æóÇáøóÐöíäó ÇÊøóÈóÚõæåõã ÈöÅöÍúÓóÇäò ÑøóÖöíó Çááøåõ Úóäúåõãú æóÑóÖõæÇú
Úóäúåõ

Artinya: "Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam)
dari golongan muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka
dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah"
(QS. At-Taubah [9] : 100)

Demikian sedikit uneg-uneg ana. Uneg-uneg ini ana tuliskan di milis ini
mengingat Firman Alloh subhanahu wa ta'ala :

íóÇ ÃóíøõåóÇ ÇáøóÐöíäó ÂãóäõæÇú ßõæäõæÇú ÞóæøóÇãöíäó áöáøåö ÔõåóÏóÇÁ
ÈöÇáúÞöÓúØö æóáÇó íóÌúÑöãóäøóßõãú ÔóäóÂäõ Þóæúãò Úóáóì ÃóáÇøó ÊóÚúÏöáõæÇú
ÇÚúÏöáõæÇú åõæó ÃóÞúÑóÈõ áöáÊøóÞúæóì æóÇÊøóÞõæÇú Çááøåó Åöäøó Çááøåó
ÎóÈöíÑñ ÈöãóÇ ÊóÚúãóáõæäó

Artinya : "Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang
yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan
adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum,
mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu
lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah
Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-Maa`idah  [5] : 8).

Semoga kita tidak pernah bosan untuk memohon pada Dzat yang senantiasa
membolak-balikkan hati ini agar hati kita senantiasa ditetapkan dalam
agamanya, dan semoga kita diberikan kebaikan pada penghujung kita
(khusnul-khotimah). Amin.

Afwan jika ada khilaf.
Subhanakallohumma wabihamdika asyhadu anlaa ilaaha illa anta astaghfiruka
wa atuubu ilaika.

Wassalamu 'alaikum warohmatulloh wabarokatuh.

 --- deleted ---

 --- deleted ---