Wa 'alaikumus-salam warohmatulloh wabarokatuh...

Sekedar berbagi.

Ana pernah menghadiri ta'lim yang diisi oleh ustad Ma'ruf Nursalam, Lc di
masjid Al-Quddus Surabaya. Pada sessi tanya jawab ada sebuah pertanyaan
yang semisal dengan pertanyaan ukhti.

Beliau menjawab:
bahwa menikah hukum asalnya adalah sunnah sedangkan berbakti kepada kedua
orang tua adalah wajib. Tentulah yang wajib lebih diutamakan ketimbang
yang sunnah. Adapun jika orang tua melarang untuk melanjutkan niat untuk
menikahi seseorang tentunya orang tua mempunyai alasan yang perlu untuk
dipertimbangkan. Maka selama orang tua tidak memerintahkan untuk
bermaksiat kepada Alloh, tidak ada alasan seorang anak untuk
mendurhakainya. Jika yang diperintahkan orang tua adalah untuk bermaksiat
kepada Alloh maka kita tetap diperintahkan untuk berbuat ikhsan kepada
kedua orang tua. Dan juga menasihati atau memberikan penjelasan2 dengan
cara yang baik.

Kemudian ustadz Agus Hasan Bashori, Lc. M.Ag. ketika menjelaskan dalam
Dauroh ahad dhuha di masjid Al-Amin beliau menjelaskan :

Kebanyakan kita sangat mampu untuk melakukan tashfiyyah, tapi lemah dalam
masalah tarbiyyah. Mampu berkata tegas kepada kedua orang tua tapi tidak
mampu untuk memberi nasihat dalam rangka tarbiyah kepada mereka.

Wallohu a'lam.
Semoga bermanfaat.
Afwan jika tidak memberikan solusi dan afwan pula jika ada khilaf.

Wassalamu 'alaikum wa rohmatulloh wa barokatuh.