Assalamu alaikum,

maaf saya kurang sependapat bila sungkeman = sujud. Saya adalah orang jawa
yg insya Allah tahu adat jawa.

Posisi sungkeman jauh dari posisi sujud. Si orang tua cuman duduk dan anak
cuman mencium tangan orang tua dg meletakkan kepala di paha ortu. Kalau
sujud, mestinya kepala diletakkan di telapak kaki ortu dan bukan di paha
ortu.

Dan mohon jangan tergesa2 berkata " Para ulama memfatwakan haram hukumnya
akan hal tersebut". akan ahsan bila antum berkata, "menurut pendapat saya
berdasarkan dalil2 sebagai berikut". Karena ulama memfatwakan haramnya sujud
kepada makhluk, sedangkan yg menyamakan sungkeman = sujud adalah antum dan
bukan ulama tsb.

Mungkin fatwa dibawah ini bisa dibuat sebagai dalil bahwa sungkeman tidak
lain hanyalah penghormatan.
Mohon maaf bila ada kata yg salah.

salam,

hanif
sharjah - UAE

=====
Hukum Berdiri Menyambut Orang yang Datang
Syaikh Ibnu Baz
*Pertanyaan: *
*Ketika seseorang masuk, sementara kami sedang duduk di suatu majlis, para
hadirin berdiri untuknya, tapi saya tidak ikut berdiri. Haruskah saya ikut
berdiri, dan apakah orang-orang itu berdosa?*

*Jawaban:*
Bukan suatu keharusan berdiri untuk orang yang datang, hanya saja ini
merupakan kesempurnaan etika, yaitu berdiri untuk menjabatnya (menyalaminya)
dan menuntunnya, lebih-lebih bila dilakukan oleh tuan rumah dan orang-orang
tertentu. Yang demikian ini termasuk kesempurnaan etika. Nabi r pernah
berdiri untuk menyambut Fathimah, Fathimah pun demikian untuk menyambut
kedatangan beliau. (HR. Abu Daud dalam al-Adab (5217); At-Tirmidzi dalam
al-Manaqib (3871)).

Para sahabat juga berdiri untuk menyambut Sa'd bin Mu'adz atas perintah
beliau, yaitu ketika Sa'd tiba untuk menjadi pemimpin Bani Quraizah. (HR.
Al-Bukhari dalam al-Jihad (3043); Muslim dalam al-Jihad (1768)).

Thalhah bin Ubaidillah juga berdiri dan beranjak dari hadapan Nabi r ketika
Ka'b bin Malik datang setelah Allah menerima taubatnya, hal itu dilakukan
Thalhah untuk menyalaminya dan mengucapkan selamat kepadanya, kemudian duduk
kembali. (HR. Al-Bukhari dalam al-Maghazi (4418); Muslim dalam at-Taubah
(2769)).

(Peristiwa ini disaksikan oleh Nabi r dan beliau tidak mengingkarinya). Hal
ini termasuk kesempurnaan etika. Permasalahannya cukup fleksible. Adapun
yang mungkar adalah berdiri untuk pengagungan. Namun bila sekedar berdiri
untuk menyambut tamu dan menghormatinya, atau menyalaminya atau mengucapkan
selamat kepadanya, maka hal ini disyari'atkan. Sedangkan berdirinya
orang-orang yang sedang duduk untuk pengagungan, atau sekedar berdiri saat
masuknya orang dimaksud, tanpa maksud menyambutnya atau menyalaminya, maka
hal ini tidak layak dilakukan. Yang lebih buruk dari itu adalah berdiri
untuk menghormat, sementara yang dihormat itu duduk. Demikian ini bila
dilakukan bukan dalam rangka menjaganya tapi dalam rangka mengagungkannya.

Berdiri untuk seseorang ada tiga macam:

*Pertama*: Berdiri untuknya sebagai penghormatan, sementara yang dihormat
itu dalam keadaan duduk, yaitu sebagaimana yang dilakukan oleh rakyat jelata
terhadap para raja dan para pembesar mereka. Sebagaimana dijelaskan oleh
Nabi r, bahwa hal ini tidak boleh dilakukan, karena itulah Nabi r menyuruh
para sahabatnya untuk duduk ketika beliau shalat sambil duduk, beliau
menyuruh mereka supaya duduk dan shalat bersama beliau sambil duduk.
(Silakan lihat, di antaranya pada riwayat al-Bukhari dalam al-Adzan (689);
Muslim dalam ash-Shalah (411) dari hadits Anas).

Seusai shalat beliau bersabda,
*"Hampir saja tadi kalian melakukan seperti yang pernah dila-kukan oleh
bangsa Persia dan Romawi, mereka (biasa) berdiri untuk pra raja mereka
sementara para raja itu duduk. "* (HR. Muslim dalam ash-Shalah (413) dari
hadits Jabir).

*Kedua*: Berdiri untuk seseorang yang masuk atau keluar tanpa maksud
menyambut/mangantarnya atau menyalaminya, tapi sekedar menghormati. Sikap
seperti ini minimal makruh. Para sahabat tidak pernah berdiri untuk
Nabi rapabila beliau datang kepada mereka, demikian ini karena mereka
tahu bahwa
beliau tidak menyukai hal tersebut.

*Ketiga*: Berdiri untuk menyambut yang datang atau menuntunnya ke tempatnya
atau mendudukkannya di tempat duduknya dan sebagainya. Yang demikian ini
tidak apa-apa, bahkan termasuk sunnah, sebagaimana yang telah dijelaskan di
muka.

*Rujukan:*
Majmu' Fatawa Ibn Baz, juz 4, hal. 394.
Disalin dari buku Fatwa-Fatwa Terkini Jilid 3, penerbit Darul Haq.
*Kategori*: Adab-adab
*Sumber*: http://fatwa-ulama.com

======

 Hukum Cium Tangan
Syaikh Ibnu Jibrin
*Pertanyaan: *
*Apa hukum cium tangan? Dan apa hukum mencium tangan seseorang yang memiliki
keutamaan, misalnya guru, dan sebagainya? Apa pula hukum mencium tangan
paman dan lainnya yang lebih tua? Apakah mencium tangan kedua orang tua ada
tuntunannya dalam syari'at? Ada orang yang mengatakan bahwa cium tangan
mengandung kehinaan (menghinakan diri sendiri).*

*Jawaban:*
Menurut kami, itu boleh, dalam rangka menghormati dan bersikap sopan
terhadap kedua orang tua, ulama, orang-orang yang memiliki keutamaan,
kerabat yang lebih tua dan sebagainya. Ibnul Arabi telah menulis risalah
tentang hukum cium tangan dan sejenisnya, sebaiknya merujuknya. Bila cium
tangan itu dilakukan terhadap kerabat-kerabat yang lebih tua atau
orang-orang yang memiliki keutamaan, ini berarti sebagai penghormatan, bukan
menghinakan diri dan bukan pula pengagungan. Kami dapati sebagian Syaikh
kami mengingkarinya dan melarangnya, hal itu karena sikap rendah hati
mereka, bukan berarti mereka mengharamkannya. *Wallahu a'lam*.

*Rujukan:*
Fatwa Syaikh Abdullah bin Abdurrahman al-Jibrin (1852), tanggal 20/11/1421
H.
Disalin dari buku Fatwa-Fatwa Terkini Jilid 3, penerbit Darul Haq.
*Kategori*: Adab-adab
*Sumber*: http://fatwa-ulama.com

Produced by SalafiDB
http://salafidb.googlepages.com