Pada tanggal 14/01/08, noerhadi prijanto <[EMAIL PROTECTED]>
menulis:
> asssalamu'alaikum
> mohon diberi penjelasan mengenai dakwah kelompok salafi.
> saya pernah baca beberapa website salafi, ada beberapa pertanyaan yang
> diajukan dan dibalas dengan jawaban yang beragam.
> misal masalah orang junub atau wanita haid/nifas berdiam di masjid, ada
> yang melarang dan ada yang memperbolehkan.
> sekali lagi mohon diberi penjelasan apakah kajian salafi yang ada di
> indonesia ini ada bermacam-macam kelompok juga atau bagaimana ?
> assalamu'alaikum

assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh
apa yang saya pahami dari penjelasan Ustadz Abdul Hakim adalah bahwa manhaj
salaf itu adalah satu tidak berpecah belah karena aqidahnya satu dan dalam
hal ini tidak ada ruang ijtihad.Dalam hal perbedaan pendapat maka hal
tersebut adalah wajar dan memang ada ruang ijtihad dalam suatu masalah
selagi bersifat ilmiah, yaitu berdasarkan al-Qur'an dan as-Sunnah dengan
pemahaman para sahabat.Perbedaan pendapat yang terjadi di kalangan ulama
atau ustadz salaf tidak saling memudaratkan satu sama lain.wallohu'alam
sigit budi prasetiyo

Silakan baca artikel-artikel dari almanhaj.or.id diantaranya:
Ketentuan Dasar Dakwah Salafiyah
http://www.almanhaj.or.id/content/2221/slash/0
Al-Wajiz Fi Manhajis Salaf, Keringkasan Di Dalam Manhaj Salaf
http://www.almanhaj.or.id/content/1916/slash/0
Mengapa Manhaj Salaf ?
http://www.almanhaj.or.id/content/1765/slash/0
Dalil-Dalil Dari Al-Qur'an : Kewajiban Mengikuti Jejak Salafush Shalih Dan
Menetapkan Manhajnya
http://www.almanhaj.or.id/content/1547/slash/0
Pelajaran Tentang Manhaj Salaf : Yang Diamksud Dengan Salafush Shalih
http://www.almanhaj.or.id/content/1096/slash/0
Mengapa Harus Salafi ?
http://www.almanhaj.or.id/content/909/slash/0
Al-Manhaj As-Salafy