assalamu alaikum,

saya memang berpikiran bahwa yang haram itu memang cuman darah hewan, tapi
kemudian saya baca ini

====================
Pertanyaan :

"Seorang laki-laki mengambil sebuah wadah air untuk minum. Namun ia hanya bisa
meminum separuhnya yang halal sedangkan sisanya haram. Bagaimana ini bisa
terjadi ?" Tanya mereka lagi.

Jawaban :

"Laki-laki itu telah meminum separuh air di wadah. Ketika mau meminum
separuhnya lagi, ia mengalami mimisan sehingga darah menetes ke wadah itu
bercampur dengan air. Sehingga, sisa air itu haram baginya," jawab Imam Syafii.

Jawaban Imam Syafii itu membuat sang khalifah tersenyum seraya berkata," Semoga
Allah memperbanyak pada keluarga besarku orang sepertimu."

Seandainya darahnya sendiri itu haram dimakan/ditelan, lalu apa bedanya dengan
tranfusi darah (yang jelas2 halal karena nggak ada secuil fatwa pun yang
mengharamkannya)? Tentunya artikel di atas jadi semakin saya ragukan
kebenarannya

Saya tidak melihat asal usulnya karena itu saya coba konfirmasi barangkali ada
yang bisa memberi penjelasan lebih lanjut mengenai artikel di atas.

salam,

hanif
sharjah - UAE