From: assunnah@yahoogroups.com [mailto:[EMAIL PROTECTED] On
Behalf Of Ervin Listyawan
Sent: Monday, August 04, 2008 9:21 AM
To: assunnah@yahoogroups.com
Subject: [assunnah] Re: upgrade frekuensi radio rodja

Assalamu'alaikum,

Kalau upgrade dengan artian ganti frekuensi secara total, saya justru
nggak setuju, karena secara teknikal kan AM lebih jauh daya pancarnya
daripada FM (yang "straight"/tidak dipantulkan tanah). Memang FM lebih
jernih, cuma untuk Jakarta, sepertinya sudah tidak ada celah lagi
frekuensi yang bisa dipakai, dan bisa-2x malah berhimpitan dengan radio
lain.

Namun kalau upgrade berarti menambah frekuensi, saya setuju, karena
memang dengan FM, untuk dalam kota bisa lebih jernih dan bisa diputar
pakai radio portable (HP/USB), cuma ya itu tadi, karena sudah rapat
frekuensinya, kemungkinan juga sulit juga buat dapat sinyal yang
bagus/tidak berhimpitan.

Lebih bagus lagi kalau expansi ke short wave atau pakai satelit, cuma
pendengarnya juga terbatas, hanya saja jangkauan memang jauh lebih luas.
Saya tidak tahu dari policy-nya, karena harus dipertimbangkan juga
aturan legalnya.

Juga daripada expense dana untuk ganti frekuensi atau menambah frekuensi
di Jabotabek, saya justru menyarankan untuk menambah stasiun relay saja
di luar kota, misal di Jawa Timur (Surabaya dan sekitarnya), yang
penduduknya juga banyak tapi masih belum kelihatan ada radio semacam
ini.

Wassalamu'alaikum,

Ervin L

--- In assunnah@yahoogroups.com <mailto:assunnah%40yahoogroups.com> ,
Dian Ambarawati <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Assalamu'alaykum,
> afwan, ana setuju bangets untuk di upgrade ke FM, dengan alasan
pribadi (yang mungkin dialami sebagian miliser juga) :
> 1. Kalau lewat jalan2 tikus... sinyal radionya hilang, jadi
suaranya kresak-kresek, akibatnya sering ketinggalan ilmunya pada
saat kajian ilmiah..
> 2. Sepengetahuan saya, handphone/ipod yang sekarang beredar juga
tidak bisa menangkap gelombang AM (atau ada miliser yang tahu type-
nya?)
> 3. Di rumah ana gak bisa nangkap AM dengan baik, kecuali lewat
internet, jadi kalau mau tidur gak bisa mendengarkan.. alias hemat
listrik & pulsa
> sebetulnya ana kepingin banget stel radio rodja di rumah dengan
volume besar, untuk dakwah ke keluarga.. tapi sinyalnya tidak kuat
> seneng banget kalau bisa upgrade ke FM, jadi kapan saja & dimana
saja, ana bisa mendengarkan kajian ilmiah & murottal..
> afwan jadi curhat colongan...
> jazakumullooh khoiron katsir
> Wassalam,

di gelombang am, maka pada kesempatan ini kepada pemilik radio rodja
kami mengusulkan agar gelombang radio rodja ditingkatkan dari am ke
Fm sehingga lebih mudah diikuti dan lebih luas jangkauannya. tentunya
dengan adanya perubahan Frekuensi konsekuensinya adalah biaya, dan
kami mengusulkan untuk tambahan biayanya didapat dari pembukaan
dompet sumbangan melalui millis dan mesjid2 atau personal2. syukron.