Wa'alaykumussalam warohmatullohi wabarokatuh.

Ini kembali kepada keputusan admin/moderator untuk meng-approve setiap posting
yang masuk. Ana sendiri juga kaget ada informasi lowongan di bank. Bahkan ada
informasi lowongan pekerjaan hanya bersifat UMUM tidak terperinci secara jelas
seperti dari perusahaan apa namanya, skill apa yang dibutuhkan, job
responsibilities dan job description. Hanya diminta langsung kontak si pemberi
lowongan pekerjaan. Harus jelas! Admin/moderator jangan main approve saja.
Adalah tanggung jawab admin/moderator pula jika si job seeker diterima bekerja
ternyata skill-nya disalahgunakan/dipermainkan oleh employer.

Beberapa hari lalu ana JAPRI langsung ke admin karena admin meminta ana
langsung JAPRI ke pemberi lowongan pekerjaan. Dalam hal ini ana tidak sedang
mencari lowongan pekerjaan. Namun, ada baiknya setiap informasi lowongan yang
tidak terperinci sebaiknya tidak di-publish di milis. Jadi job seeker juga bisa
mencari tahu sendiri perusahaannya apakah sedang "sakit" atau tidak, apakah
sesuai dengan skill-nya, apakah untuk permanent atau contract only (based on
project), dst. Kasihan juga kalau diterima bekerja lalu resign dari perusahaan
yang lama, ternyata perusahaan di tempat baru bekerja lebih buruk dari
sebelumnya.

Wassalamu'alaykum warohmatullohi wabarokatuh.

'Abdulloh