Wa 'alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh,

1/ Maaf, saya tidak dapat menjawab boleh tidaknya shalat Tarawih
sebagaimana Anda jelaskan. Yang pasti dari hadits-hadits shahih ialah
bahwa Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam shalat malam pada bulan
Ramadhan dan bulan-bulan lain (mencakup shalat Tarawih/ Tahajjud dan
Witir) tidak lebih dari 11 rakaat; atau 13 rakaat apabila termasuk 2
rakaat shalat ringan setelah shalat Isya' dan sebelum shalat Tarawih.
Beliau pun menganjurkan agar shalat bersama dengan imam karena
ganjarannya sebesar ganjaran shalat semalam suntuk.
2/ Seluruh cara shalat Tarawih (termasuk Witir) yang Anda tanyakan itu
mengikuti contoh dari Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam.
Silakan memakai yang mana saja.
3/ Shalat Tarawih dianjurkan berjamaah. Di rumah pun boleh walaupun
sebenarnya dianjurkan menghidupkan masjid pada malam hari.

Semoga cukup jelas.
Wassalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Abu Farhan

--- In assunnah@yahoogroups.com, [EMAIL PROTECTED] wrote:

> Assalamualaikum
>
> ana mau tanya di mesjid tempat ana shalat terdapat 2(dua)versi dalam
pelaksanaan shalat tarawih,yaitu;
> versi yang melaksanakan shalat tarawih 8 rakaat+ 3 rakaat witir dan
> versi yang melaksanakan shalat tarawih20 rakaat+ 3 rakaat witir
dengan imam yang sama.adapun yang melaksanakan shalat tarawih 8 rakaat
diberikan kesempatan /waktu untuk melaksanakan shalat witir,setelah
itu imam melanjutkan shalat tarawih untuk rakaat yang berikutnya. yang
saya ingin tanyakan adalah apakah boleh melakukan shalat seperti itu?
pertanyaan ana yang kedua mengenai pelaksanaan shalat witir mana yang
sesuai dengan sunah witir 3 rakaat dengan pelaksanaannya 2 salam (2
rakaat kemudian 1 rakaat) atau 1 salam ( 3 rakaat langsung tanpa
tahiyat awal ) seandainya mesjid disekitar kita tidak ada yang
melaksanakan shalat tarawih 8 rakaat + 3 rakaat witir (2,2,2,2+3),
meskipun ada pelaksanaannya adalah 4 rakaat +4 rakaat + 3 witir,
apakah boleh ana melaksanakan shalat tarawih jamaah dengan ibu ana ?
mohon penjelasannya yang sesuai dengan sunah?