Assalaamu`alaykum wa RahmatuLlaahi wa Barakaatuh

Maha Suci Allaah Subhanahu wa Ta'ala yang telah menciptakan segala sesuatunya
dengan perhitungan. Salawan kepada Muhammad SallaLlaahu 'alayhi wa sallam yang
telah menyampaikan risalah kepada kita dengan sejujur-jururnya. Salam kepada
semua saudaraku hingga akhir zaman.

Sesungguhnya beruntunglah manusia-manusia yang mau mengambil pelajaran dari
Al-Qur'an yang suci untuk diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Hanya saja
kita jangan terjebak. Seperti pada thread ini, semoga kita tidak melulu merujuk
pada lebah seperti disebutkan pada Al-Qur'an, karna lebah (dalam hal ini) hanya
sebagian obat yang disampaikan dalam Al-Qur'an. Pastilah Al-Qur'an akan jauh
lebih tebal dari sekarang yang kita miliki jika Allaah menyebutkan semua
manfaat alam semesta ini bagi manusia.

Dalam obat-obatan tradisional Indonesia, pengobatan diabetes juga dapat
digunakan dengan mengkonsumsi semut hitam, ada yang menyangrainya, ada yang
menggorengnya, dan macam-macam. Ada pula dengan mengkonsumsi serangga tanah
yang kalau di Jawa disebut undur-undur (maaf, saya tidak tahu nama lainnya),
dengan dimasukkan ke dalam kapsul kemudian mengkonsumsinya.

Yang coba saya sampaikan adalah, tidak semua obat-obatan yang disebutkan dalam
Al-Qur'an pada masa kini memiliki nilai ekonomi yang terjangkau, sedangkan
banyak di sekitar kita bahan-bahan lain yang juga berhasiat. Contolah
Habbatussaudah, demi Allaah yang menggenggam jiwaku, jintan hitam memang telah
membantu saya dalam mengobati keluhan-keluhan penyakit yang pernah saya alami,
namun tidak selalu saya mempunyai rezeki yang cukup untuk membelinya, juga ada
saudara dan tetangga kita yang sama sekali tidak mampu untuk membelinya.

Mohon maaf atas kejahilan pendapat saya, sesungguhnya jika ada kebenaran yang
saya tulis itu semata-mata dari Allaah Azza wa Jalla, sedangkan jika apa yang
saya tulis adalah salah maka itu semata-mata karena kedunguan dan kedangkalan
ilmu saya, mohon koreksi dan bimbingan dari semua saudaraku..

Wassalaamu`alaykum wa RahmatuLlaahi wa Barakaatuh

--
El Harun Affandy
Jl. Ade Irma Suryani II / 509 Malang 65119 (0341.70.90.256)