Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh,

Alhamdulillah. Saya coba jawab ya pertanyaannya.

Beda antara radiorodja.com dengan live.radiorodja.com adalah, alamat
live.radiorodja.com merupakan subdomain dari alamat radiorodja.com.

radiorodja.com = domain utama
live.radiorodja.com = subdomain
yyy.radiorodja.com = subdomain (yyy bisa diset apa saja sesuai kehendak
kita)

Subdomain adalah bagian dari nama domain utama, yang biasanya dibuat
dengan satu tujuan khusus. Misalnya pada radiorodja.com, domain utamanya
ini dipakai untuk meletakkan file-file website yang biasa diakses lewat
browser. Sedangkan subdomainnya, live.radiorodja.com, digunakan untuk
meletakkan file-file untuk keperluan streaming. Jadi tujuannya agar
lebih spesifik.

Agar mudah membedakan domain utama dan subdomain, kita bayangkan PC kita
sendiri. Dalam satu drive, tentu didalamnya ada folder-folder lagi.
Bayangkan domain utama adalah drivenya (drive C, atau D, atau E) dan
subdomain adalah folder-folder didalamnya. :D

Sistem kerja sebuah server mudahnya seperti ini. Di server, ada sebuah
file yang akan dijadikan file default ketika orang mengakses server
tersebut. Misalnya ketika kita mengakses http://radiorodja.com, kita
akan langsung diarahkan ke file defaultnya, yang dalam hal ini adalah
file "index.php". Jadi membuka alamat http://radiorodja.com atau
http://radiorodja.com/index.php, hasilnya akan sama saja. Karena tanpa
menuliskan dibelakangnya, server secara otomatis akan membuka file
default tersebut.

Nah, untuk streaming, file defaultnya adalah "listen.pls". Jadi ketika
ada alamat yang ada tambahan "listen.pls" nya, sebenarnya kita mengakses
file utama alamat tersebut. Tidak dituliskan pun sebenarnya sama saja
hasilnya. Alamat http://kajian-jogja.sytes.net:8012/ dengan
http://kajian-jogja.sytes.net:8012/listen.pls akan memberikan hasil yang
sama.

Untuk radio assunnah, alamatnya berbeda. Karena alamat
www.radioassunnah.com berisi file-file untuk ditampilkan di web browser.
Sedangkan untuk file-file streaming, diletakkan di subdomain khusus
seperti rodja tadi. Jadi kalau memasukkan alamat www.radioassunnah.com
di foobar, tidak akan keluar streaming apapun, karena tidak ada file
default yang bertugas untuk menjalankan streaming disana. Yang ada
adalah file yang tugasnya menampilkan data di web browser.

Ini alamat radio sunnah yang ana tahu.
http://live.radioassunnah.com:8008/ atau
http://live.radioassunnah.com:8008/listen.pls (dengan tambahan
listen.pls, hasilnya akan sama). Disinilah file-file untuk streaming
diletakkan.

Untuk memutar siaran radio assunnah, cukup tambahkan alamatnya aja di
foobar. Alamat kajian yogya, rodja atau yang sebelumnya tidak perlu
dihapus. Cukup File > Add Location, biar nanti jadi playlist alamat
radio sunnah. Alamat-alamat radio yang lain bisa dilihat disini,
http://ngaji-online.com/radio/. Langsung saja tambahkan semuanya ke
foobar.

Perbedaan kenapa saat menggunakan winamp, wmp, realplayer gagal dan saat
memakai foobar berhasil, kemungkinan terbesar karena proses encodingnya
berbeda. Jadi, saat kita mengakses sebuah server streaming, data akan
dikirimkan ke komputer kita, diterima dalam bentuk sinyal-sinyal
digital. Perubahan sinyal-sinyal digital ini sampai menjadi sinyal suara
yang bisa didengar oleh telinga, membutuhkan proses yang cukup berat.
Apalagi proses ini dilakukan terus menerus tanpa putus seperti aliran
(streams).

Nah, foobar berhasil membuat proses ini menjadi lebih efisien, sehingga
berhasil mengeluarkan output streaming sesuai yang kita harapkan.

Demikian, semoga bisa membantu.

Wallahu A'lam

--- In assunnah@yahoogroups.com, Dian Ambarawati <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Wa'alaykumussalam warohmatulloohi wabarokaatuh.
>
> Alhamdulillah,
> Jazakalloohu khoyron katsiro ilmunya bermanfaat sekali buat ana.
> Pagi ini ana mencoba mendengarkan kajian jogja via foobar2000,
suaranya jauh lebih jernih dan lancar.

http://live. radiorodja. com.???

> afwan, ana rada2 gaptek, mohon dijelaskan system kerjanya. ana juga
suka dapat address yang ada file "listen" gituuu... (afwan lupa file
extentionnya)

> trus kalau radio assunnah cirebon kan yang ana tahu websitenya
www.radioassunnah.com, apakah kalau menyetel di foobar addressnya
berbeda lagi???

> Jujur aja, ana dengerin streaming via winamp, media player dan real
player selalu gagal total... tapi pas menggunakan foobar2000 langsung
bisa. Kira2 apa penyebabnya selain ana yg lemot ini ya? barangkali
jawabannya bisa bantu temen2 ana yg kesulitan mendengarkan kajian live
nanti.

> Syukron,
>
> Wassalamu'alaykum warohmatulloohi wabarokaatuh.

Menggunakan Foobar2000
> To: assunnah@yahoogroups.com
> Date: Wednesday, November 12, 2008, 3:46 AM
>
> Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh,
>
> Dalam kajian lewat streaming radio sunnah, masih saya dapatkan
beberapa saudara kita yang kesulitan menerima sesi streaming yang
berlangsung. Masalah yang umum timbul biasanya karena pemakaian beberapa
player yang dalam proses encoding berjalan lambat. Nah, saya ingin
memberi sedikit masukan dan berbagi pengalaman.

> Saya menggunakan Foobar2000 untuk mendengarkan sesi streaming radio
sunnah. Foobar2000, menurut beberapa sumber di forum komputer, adalah
audio player terbaik. Kualitas ini memang terasa tidak jauh berbeda
dibandingkan dengan WMP, Winamp, Amarok, atau beberapa lainnya saat
menggunakan speaker multimedia biasa. Tapi kualitas ini akan sangat
terasa bedanya saat Sound Card yang digunakan misalnya sekelas Onkyo
SE200PCI dan speakernya sekelas Vienna Acoustic.

> Selain itu, Foobar2000 jauh lebih ringan dibanding Winamp atau
RealPlayer saat diinstall.

> Begitupun dalam menerima paket streaming. Alhamdulillah, sampai saat
ini, kualitasnya seperti mendengar rekaman dari komputer lokal. Lancar,
seolah tanpa buffering. Mungkin ini bisa dicoba rekan lainnya.

> Software ini bisa didownload di http://foobar2000. org. Setelah itu,
install seperti biasa. Untuk mendengarkan sesi streaming radio sunnah,
caranya tinggal buka Foobar2000 kemudian klik File > Add Location,
ketikkan alamat radio sunnah. Misalnya http://live. radiorodja. com.
Tunggu beberapa saat, maka akan terdengar sesi streaming radio sunnah.
Insya Allah.

> List alamat radio sunnah juga bisa ditambahkan. Tinggal klik File >
Add Location lagi dan masukkan alamat radio sunnah lainnya. Jadi, kita
bisa mempunyai playlist alamat-alamat radio sunnah. Jadi, saat ingin
memilih sesi streaming yang lain, cukup dengan mengklik dua kali dari
list yang ada.

> Untuk jaringan yang menggunakan proxy, bisa di set di File >
Preference > Networking. Klik "Use proxy server" dan isikan alamat proxy
berikut portnya. Misalnya alamat proxynya adalah 11.11.11.11 dan portnya
8080, maka cukup ketikkan 11.11.11.11: 8080.