Setahu saya, mereka (jama'ah LDII) sekarang semakin yakin (percaya diri) karena
sudah tidak ada lagi label sesat pada jama'ah mereka sebagaimana MUI pernah
mengeluarkan fatwa mengenai kesesatannya dan SK Jaksa Agung RI tahun 1971
sebelumnya. Saya pernah mendengar pernyataan ini dari orangnya langsung dengan
menyebut nama-nama pejabat MUI baik daerah maupun pusat. Bahkan ia hendak
memberikan pinjaman kepada saya majalah internal mereka yakni Majalah Nuansa.
Namun saya tolak dan tidak berminat karena sekilas majalah tersebut tidak
se-ilmiyyah majalah As-Sunnah, dsb.

Yang menjadi keanehan saya pun adalah ketika perwakilan LDII juga hadir pada
Silaturahmi Da'i MUI Jakarta Utara 2008 di JIC (silakan lihat di VCD-nya pada
saat sesi soal-jawab dengan Ustadz Abdul Hakim atau Ustadz Yazid, maaf saya
lupa). Jika (pernah) dikatakan sesat oleh MUI, mengapa LDII bisa hadir di sana?
Mengapa Ahmadiyah, Lia Eden, dan aliran sesat lainnya tidak diundang dalam
acara tersebut karena juga telah jelas diketahui kesesatannya? Apakah MUI saat
ini benar-benar tidak menganggap sesat lagi LDII? IMHO, seharusnya MUI harus
menjelaskan hal ini dengan fatwa penegasan berikutnya. Khususnya klarifikasi
kehadiran Ketua Komisi Fatwa MUI K.H. Ma'ruf Amin pada Rakernas LDII 2006
(CMIIW) karena jama'ah LDII suka sebut-sebut namanya dan nama pejabat MUI
daerah lainnya sehingga, point-nya, mereka mengatakan LDII sudah tidak sesat
lagi. Meskipun K.H. Ma'ruf Amin membantah kapasitasnya datang ke Rakernas
tersebut sebagai MUI tapi pribadi.

Saya fahami jika ada ikhwan yang bertanya mengenai fatwa ulama-ulama besar
Ahlus Sunnah wal Jama'ah (Salafi) mengenai kesesatan Islam Jama'ah (apapun nama
organisasinya yang hakikatnya ia adalah Islam Jama'ah). Saya dulu juga
mencari-cari fatwa tersebut untuk menghadapi seseorang yang saya alami dan
ceritakan di milis ini lama sekali sebelumnya. Namun tampaknya tidak saya
temukan atau mungkin para ulama belum memfatwakan. Wallohu a'lam.

2009/1/8 anang dwicahyo <dcan...@yahoo.com>

> Untuk fatwa khusus ldii sepertinya tidak ada, bukan berarti ldii (
> aqidahnya = islam jama'ah ) itu manhajnya lurus akhi.
> Mungkin ada beberapa alasan tidak adanya fatwa tentang ldii ( khusus )
> sebagaimana firqoh lainnya misalkan HT, JT, IM yang secara khusus
> disampaikan oleh ulama.
> Salah satunya ldii itu hanya sekelompok orang yang manhajnya menyimpang dan
> hanya ada di Indonesia ( ldi - Indonesia ), atau mungkin belum ada yang
> menanyakan secara khusus tentang sepak terjang kelompok ini di depan pada
> ulama.
> [...]

INFO:
Saat ini domain assunnah.mine.nu telah diambil alih (direbut) oleh pihak yang
tidak diketahui. Isi dan kandungannya tidak ada hubungannya dengan pengelola
sebelumnya.