Bismillah..

From: ustadz Salim Qibas
I.HADITS SHAHIH SEPUTAR SYA'BAN:
1).Dari Ummu 'Aisyah :"Bulan yg paling disenangi oleh Rasulullah utk berpuasa
adalah bulan Sya'ban".(HR.An Nasa'I 4/199.
Ibnu Khuzaimah dlm ash Shahih III no 2077.Al Hakim 1/434).
2).Dari Ummu 'Aisyah:"Tdklah Nabi berpuasa dlm sebulan yg lbh banyak daripada
bulan Sy'ban".(HSR.Bukhari 1969,1970,Muslim 1156,Abu Dawud 2434,Ibnu Majah
1710,Tirmidzi 737 dll)
3)."Dari Usamah Bin Zaid dia berkata : Aku berkata : Wahai Rasulullah,aku tdk
melihat engkau berpuasa di suatu bulan spt engkau berpuasa pada bulan
Sya'ban?.Beliau m'jwab:Itulah bulan dimana org2 lalai trrhadapnya,yaitu anatara
bln Rajab & Ramadhan,dialah bulan dimana semua amal diangkat kpd Rabb alam
semesta,maka aku ingin jika amalku diangkat ketika aku sdang puasa".(HHR.Abu
Dawud 2431,An Nasa'i 4/201.Al Albani Menghasankan dlm Irwa' al Ghalil4/103).
Catatan:
1).Amal diangkat di bln Sya'ban,tanpa ada ketrangan khusus malam Nishfu
Sya'ban.Tetapi bulan Sya'ban secara mutlak.
2).Amalan yg dikerjakan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam Hanyalah Puasa hampir
sebulan.Tidak ada amalan selain itu yg shahih.

HADITS PALSU SEPUTAR NISHFU SYA'BAN.
1)."Dari Ali Bin Abu Thaalib:Nabi Bersabda:"Bila malam prtengahan bulan Sya'ban
tiba maka shalatlah di malam harinya & puasalah di siang harinya,krn
sesungguhnya Allah turun pada malam itu saat mata hari tenggelam ke langit
dunia,lalu Dia berfirman:"Adakah org yg meminta ampun,maka Aku pasti
mengampuninya?Adakah org yg meminta rizki maka Aku pasti m'berinya? Adakah org
yg trtimpa musibah maka pasti Aku mnyelamatkannya?Adakah ini,adakah
itu.....hingga fajar terbit"(R.Ibnu Majah 1388).Al Mubarakfuri dlm Tuhfat al
Ahwadzi 3/444 BELIAU MENGATAKAN:
HADITS INI SANGAT LEMAH/PALSU.
2).Dari Ali:bila pada hari itu (Nishfu Sya'ban) seseorangg berpuasa maka ia
seperti berpuasa selama 60 tahun yg akn datang".
Imam Ibnul Jauzi dlm kitabnya Al Maudhu'at(Hadits2 Palsu),beliau
mngatakan:HADITS INI PALSU.
SANADNYA GELAP.
Catatan:
1).Amalan2 malam Nishfu Sy'ban dalilnya dari Hadits2 Sangat Lemah & Palsu.
2).Jgnlah terjebak dlm perangkap syaitan dg melakukan BID'AH.Krn setan lbh
cinta dg pelaku bid'ah daripada pelaku maksiat.
Selamatkan dirimu & agamamu dari tipu daya setan & penyebar hadits hadits palsu.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُم وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُ هُ

- Abu Harun -

Sent from Blackberry®
Laa haula wa laa quwwata illa biLLah