From: zubair uba <ubazub...@gmail.com>
Subject: Re: [assunnah]>>Wajibkah saya berkurban?<<
To: assunnah@yahoogroups.com
Date: Monday, October 31, 2011, 2:32 AM

Syukron atas penjelasannya akh.
Sekedar info tambahan, setelah ana jelaskan tentang hukum riba, ibu ana
langsung mengerti dan beliau sangat lunak dalam hal ini. Beliau menganggap
karena uang sudah di serahkan ke ana, selanjutnya terserah ana untuk apa
penggunaannya jika kuatir terjerat riba. Yang menjadi pertanyaan ana wajibkah
ana berkurban dengan kondisi demikian?

Wassalam,
Abu Hadyan

2011/10/31 Fauzah Bt Muchasan <fauzah...@hotmail.com>

Afwan.... sekedar saran.
Ibu antum memberikan uang kepada antum dengan niat (amanat) untuk DP pembelian
rumah dan antum menyetujuianya. Kemudian apabila antum ingin merubah amanat
pemberian dari ibu itu kepada hal yang bukan amanatnya, sebaiknya
dikonsultasikan terlebih dahulu.

Sebagai bahan renungan (dikutip dari
http://almanhaj.or.id/content/3032/slash/0 )
Allah Azza wa Jalla befirman :

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا لاَتَخُونُوا اللهَ وَالرَّسُولَ وَتَخُونُوا
أَمَانَاتِكُمْ وَأَنتُمْ تَعْلَمُونَ , وَاعْلَمُوا أَنَّمَآ أَمْوَالُكُمْ
وَأَوْلاَدُكُمْ فِتْنَةُُ وَأَنَّ اللهَ عِندَهُ أَجْرُُ عَظِيمُُ

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kalian mengkhianati Allah dan RasulNya,
dan juga janganlah kalian mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu
padahal kamu mengetahui. Dan Ketahuilah, bahwa hartamu dan anak-anakmu itu
hanyalah sebagai cobaan, dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar.
[Al Anfal:27, 28].

Berkenaan dengan firman Allah Azza wa Jalla di atas, Syaikh Abdurrahman bin
Nashir As Sa’di rahimahullah berkata,”Allah Ta’ala memerintahkan para hambaNya
yang beriman, agar mereka menunaikan amanah yang diembankan kepada mereka, baik
berupa perintah-perintahNya maupun larangan-laranganNya. Sesungguhnya amanah
adalah hal yang pernah Allah tawarkan kepada langit, bumi dan gunung-gunung,
maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu, dan mereka khawatir akan
mengkhianatinya. Kemudian dipikullah amanat tersebut oleh manusia. Sesungguhnya
manusia itu amat zhalim dan amat bodoh. Maka barangsiapa yang menunaikan amanah
tersebut, ia berhak meraih pahala dan ganjaran dari Allah. Adapun orang yang
menyia-nyiakan amanah tersebut, ia berhak mendapat siksa yang pedih, dan ia
menjadi orang yang berkhianat terhadap Allah dan RasulNya serta amanahNya. Dia
telah menurunkan derajat dirinya sendiri dengan sifat tercela, yakni khianat.
Dan telah telah melenyapkan
 dari dirinya kesempurnaan sifat, yaitu sifat amanah.” [3]

Wallahu 'alam