 http://devitaumardin.com

     From: "Evelin Ganothi" <evelin                    MENGHILANGKAN KERAK
PUTIH DI LIDAH BAYI

 Rangkuman dibuat oleh : Henny (Ummi Nailah) <[EMAIL PROTECTED]>
 Tanggal : Wed Oct 6, 2004  8:10 am

 Tanya :

   Bagaimana cara  menghilangkan kerak putih di lidah bayi ?

   DSA menyarankan  untuk membersihkan lidah dengan kain kasa, tapi tidak
berhasil  karena anak menangis setiap kali lidah dibersihkan.

 Jawab :

   Khayla Mom  <[EMAIL PROTECTED]>

   Yang menyisakan  kerak putih di lidah hanya susu formula, sementara ASI
tidak  menyisakan kerak.

   Bila sehabis minum  susu formula bayi langsung diberi ASI, kerak berkurang
banyak tanpa  perlu dihilangkan dengan kain kasa

   Mama Sabira  <[EMAIL PROTECTED]>

 Kerak di lidah berhasil dibersihkan dengan Daktarin Oral Gel dan Mycostatin

 (Catatan moderator : setiap pemberian obat sebaiknya dikonsultasikan dengan
dokter / ahli kesehatan.)

   Bundanya Taya  <[EMAIL PROTECTED]>

 Kerak putih di lidah tidak perlu dibersihkan. Setiap habis minum susu, bayi
diberi air putih. Kerak putih akan hilang sendiri sejalan dengan perkembangan
umurnya.

   Daysi Harun  <[EMAIL PROTECTED]>

   Berdasarkan  pengalaman, kerak putih muncul karena endapan susu formula. ASI
 perah yang ditaruh di botol pun tidak mengendap, jadi tidak  meninggalkan
kerak putih di lidah.

   Saran dari DSA,  lidah dibersihkan dengan kasa steril dan air hangat, dan
untuk  mencegah timbulnya kerak putih, maka setiap sehabis minum susu  formula,
bayi diminumkan satu-dua sendok air putih sekedar untuk  membersihkan sisa susu
di mulut.

   Hera <[EMAIL PROTECTED]>

 Punya pengalaman serupa. DSA diberi Candistin untuk membersihkan jamur
dilidahnya. Sebaiknya tanyakan dulu ke DSA apakah perlu diberikan Candistin.

 (Catatan moderator : belum tentu kerak putih di lidah anak disebabkan oleh
jamur. Pemberian obat sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter)

   Liana Sari  <[EMAIL PROTECTED]>

 Bayi diberi air putih sehabis minum ASI atau susu formula, karena air
berfungsi untuk membersihkan mulut dan melembekkan feses jika si kecil BAB.

   Shinta <[EMAIL PROTECTED]>

 Cara yg paling mudah untuk menghilangkan kerak putih adalah dengan memberikan
air putih, tidak usah banyak2 cukup dengan 2 sampai 3 sendok kecil, dan
dilakukan terus setelah minum susu, dan hal ini tidak mengganggu
pemberian asi eksklusif.

 (Catatan moderator : jika bayi masih mendapat ASI Eksklusif, bayi tidak perlu
diberi air putih sehabis minum ASI, karena definisi ASI Eksklusif adalah bayi
mendapat HANYA ASI SAJA tanpa tambahan apapun - air putih, susu formula, atau
madu, apalagi yang terakhir ini, tidak boleh diberikan sebelum si kecil berusia
1-2 tahun, tergantung referensi yang anda gunakan – Keterangan lanjut tentang
ASI Eksklusif bisa didapatkan di file-file milis tentang ASI Eksklusif dan
Laktasi atau bisa dicari di website Ayahbunda)

   Elvi  <elvi_R&D/[EMAIL PROTECTED]>

 Bila sehabis minum susu bayi diberi air putih maksimal 2 sendok bayi, ternyata
di lidahnya tidak ada kerak putih.

   Anna Beatrice  <[EMAIL PROTECTED]>

      Kerak putih dilidah   itu memang sisa susu formula yang menempel dan
bila dibiarkan   terus menerus bisa menjadi jamur.

      Cara membersihkan   dengan kasa yang dibahasi, tetapi bila bayi tidak
suka, cukup   dengan memberikan air putih sehabis minum susu formula. Bila anak
  sudah cukup besar, bisa dibersihkan dengan sikat giginya.

   Luciana Judosasmito  <[EMAIL PROTECTED]>

 Bila bayi masih minum ASI, meski tambah campuran susu formula, lidahnya akan
bersih dengan sendirinya karena ketika menyusui bayi seperti “gosok lidah”.

   Evelin Ganothi  <[EMAIL PROTECTED]>

      Pemberian air putih   untuk membersihkan kerak putih di lidah tidak
mengganggu “selera”   minum bayi.

      ASI tidak   menimbulkan kerak putih di lidah.

  --- In Ayahbunda-Online@yahoogroups.com, armelia windayu <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

 >     dear momz...
 >   maaf ya kalau sebelumnya masalah ini sudah pernah dibahas....
 >   anak saya Darell(2 bulan 10 hari)lidahnya putih2, katanya karena minum
 > susu formula,(darell minum asi dan formula)
 >   beberapa orang menyarankan untuk dibersihkan pake kassa dan air hangat,
 > tapi susah juga hilangnya karena sudah tebal..barangkali ada yang punya
 > pengalaman mengenai lidah yang putih2 ini, sebelum dan sesudahnya saya
 > ucapkan terima kasih
 >
 >   lia
 >   mamanya darell

Subscribe: [EMAIL PROTECTED]
Unsubscribe: [EMAIL PROTECTED]

Info Belanja si Kecil: [EMAIL PROTECTED]

Yahoo! Groups Links