Wah penjelasannya komplit banget, maksih mbak Susi..

  Mengenai test APS,.. itu testnya udah ter masuk 3 yang mbak bilang ya.. ACA,
LA, Beta2GP1 ya? Wah lumayan mahal juga ya testnya.. hehehe.. Kalo gak salah
dulu waktu hamil yang pertama dan keguguran, sama DSO di RS Harapan Kita pernah
di test dari hasil kuret yang dilakukan, nah sebagian diteliti di RS itu,
memang waktu itu ACA-ku (+) tapi aku gak tau apa itu sudah termasuk LA, dan
Beta2GP1.. masalahnya hasil testnya sdri masuk ke arsip RS.. (secara lg hamil
yg pertama.. jadi masih lum tau..udah gitu lum jadi anggota milis.. jadi gak
ada tempat curhat) dan waktu itu memang aku udah sempet diobati, selang 3 bulan
aku dah hamil lagi.. usia 11 mg.. gak berkembang lagi,.. terakhir cari 2nd
opinion baru aku disuruh cek TORCH.. hasilnya IgG (+). Lalu diterapi.. baru
akhirnya dapet Nashwa...

  Kemaren balik lagi ke DSO ku yang terapi aku sampe dpt Nashwa, ya itu mbak
minum segala vitamin n' obat.. dpt jadwal segala macem, tapi ya itu.. malah gak
hamil2. Bener juga kata mbak, gara2 terlalu diatur kita jd stres.. malah bikin
gak hamil2... Aku skrg stop terapinya .. udah sekitar 6 bln lah.. udah
menghibur diri juga biar ga stres2 banget.. tapi belum dapet juga..

  Mungkin aku mst test APS lagi ya.. memang aku ada niatan buat program lagi..
makanya cari info DSO yang bisa bantu khususnya mslhku.. Oke mbak Susi.. thx
alot infonya.. komplit banget.. (pake telor..) Mohon doanya ya mbak, biar bisa
sukses program ku... Semangat!

  Salam,..

susilawati jati <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
            Bunda Nashwa, sy coba jelaskan sesuai pengetahuan sy, barangkali
ada yang mau mengkoreksi jika ada yang salah ato kurang (dari anggota millis
yang juga mengerti tentang CMV)

  CMV adalah singkatan dari Cyto Megalo Virus. Virus ini termasuk dalam Virus
Herpes. Selain itu virus 2 tersebut juga termasuk didalamnya,
  - Herpes Simpleks bisa mengakibatkan koreng pada mulut dan penyakit kelamin
  - Varicella Zoster mengakibatkan Penyakit cacar

  CMV dapat mengenai hampir semua organ dan menyebabkan hampir semua jenis
infeksi Yaitu : CMV Nefritis (ginjal), CMV Hepatitis (hati), CMV Myocarditis
(jantung), CMV Pnuemonitis (paru-paru), CMV retinitis (mata), CMV GAstritis
(lambung), CMV Colitis (usus), CMV Encephalitis (otak).

  CMV ditularkan melalui kontak selaput lendir (mulut dan kelamin)
  Virus hidup dalam cairan tubuh pasien CMV, Pasien dengan sistem kekebalan
normal akan mengalami gejala menyerupai flu yang ringan, letih lesu dan batuk.
  Sekali terinfeksi, virus akan membenamkan diri dalam tubuh dan dapat
menyebabkab infeksi ulang pd masa yang akan datang.

  Saya juga pernah keguguran 2 X (janin tidak berkembang), saat itu saya
dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan APS dan Torch lengkap yang terdiri dari
Herpes 1, Herpes 2, CMV, Rubella, Tokso semuanya termasuk IGG dan IGM hasil
dari test darah sy hampir di semua virus Torch yang IGG (+) tapi DSOG saya
bilang penyebab keguguran sy bukan dari Torch yang IGG ( IGG (+) = dulu pernah
terinfeksi sekarang sudah memiliki kekebalan dan TIDAK MENYEBABKAN KEGUGURAN)
kecuali IGM yang (+) maka harus diobati dulu sebelum rencana ingin hamil untuk
menghindari bayi lahir cacat.

  Nah oleh DSOG bunda sudah dianjurkan untuk periksa APS or lum, dulu saya
keguguran berulang2 dikarenakan APS sy (+). Anjuran saya mba minta periksa
darah juga untuk APS nya (APS yang lengkap).

  APS adalah gangguan pada sistem pembekuan darah yang dapat menyebabkan
thrombosis pada arteri dan vena serta dapat menyebabkan gangguan pada kehamilan
yang berujung pada keguguran. Disebabkan karena produksi antibodi sistem
kekebalan tubuh terhadap membran sel.

  Dalam keadaan normal, antibodi berfungsi baik untuk melawan kuman dan infeksi
yang disebabkan virus, akan tetapi kadang-kadang sistem kekebalan tubuh
mengalami kerusakan sehingga menyerang tubuh sendiri. Antibodi APS ini dapat
dideteksi dengan tes darah tertentu. Apabila seseorang dideteksi memiliki
antibodi ini, dapat dipastikan orang tersebut dapat mengalami masalah-masalah
tertentu.

  APS menyebabkan orang merasa lelah, sakit pada persendian, akan tetapi pada
  bisa juga tidak memiliki gejala-gejala tersebut

  Masalah-masalah yang dapat ditimbulkan oleh antibodi APS ini antara lain:
  Keguguran berulang pada kehamilan awal
  Keguguran setelah semester pertama (13 minggu)
  Pre-eclampsia dalam kehamilan
  Bayi berukuran kecil
  Thrombosis pada pembuluh darah balik (vena)

  Antibodi ini ditemukan pada 2% wanita. Tidak semua orang yang dideteksi
memiliki antibodi ini akan mengalami masalah diatas. Kadar antibodi ini dapat
meningkat ataupun menurun dan bahkan menghilang, jadi untuk dapat mengatakan
seseorang memiliki antibodi ini diperlukan tes ulang dengan jangka waktu 8
minggu dari tes pertama dan tetap positif.
  Salah satu masalah serius yang ditimbulkan oleh APS adalah keguguran
berulang. Pengobatan antara lain dilakukan dengan memberikan aspirin dosis
rendah pada tahap awal kehamilan. Kadang kala dikombinasikan dengan obat yang
bernama heparin yang berbentuk suntikan

  Antibodi antifosfolipid menekan kadar zat yang disebut annexin V dan
mempercepat pembekuan darah serta memicu bekuan darah (trombosis) sehingga
terjadi keguguran. Antibodi terhadap antifosfolipid juga mengganggu peran
pengaturan berbagai faktor dalam sistem pembekuan darah. Untuk mencegah
terjadinya abortus akibat APS, maka Ibu hamil diberikan suntikan obat
antikoagulan yang disebut heparin, dengan atau tanpa kombinasi dengan aspirin
dosis rendah. Antikoagulan yang diberikan memang harus dengan pemberian heparin
yang disuntikkan dan pada kehamilan tidak boleh digunakan obat-obat
antikoagulan yang diminum seperti warfarin karena dapat menimbulkan efek
samping yang berbahaya.

  Beberapa tes yang dilakukan untuk mendeteksi gejala APS antara lain adalah:
  Tes ACA (antikardiopilin antibody) (anticardiophilin antibody).
  Tes LA (lupus antikoagulan) (lupus anticoagulant).
  Tes Beta2GP1 (saya lupa singkatannya) yang sy ingat jika B2GP1 positif, bisa
membuat ACA menjadi Action

  Pemeriksaan APS lengkap kalo tidak salah hanya ada di RS Cipto sedangkan di
Lab Lain sepertinya belum ada dan biayanya lumayan Mahal tahun 2005 saya
periksa APS lengkap di RS Cipto Harganya Rp. 894.000,-. kalo sekarang saya
tidak tahu lagi.

  Untuk DSOG di Jaksel sy tidak bisa bantu karena sy tinggal di daerah
Tangerang, Dulu sy juga sempat dikasih penyubur dan di jadwalkan oleh DSOG
kapan harus ML eh malah susah hamil (krn banyak aturan malah susah hamil jadi
bikin stress) . Pasrah saja bunda kalo direncanakan malah tidak dapat2, sy juga
sempat berhenti berobat, eh 4 bulan kemudian sy malah hamil.

  NB: Jika APS (+) terjadi pembekuan darah makanya ketika hamil janin tidak
mendapatkan oksigen dan nutrisi dari ibu sehingga mengakibatkan janin tidak
berkembang.

  semoga sharing sy bisa membantu
  Good Luck
  Gerard's Mom