Sharing, ya Mbak lisha
Sepengetahuan saya..... Peraturan melakukan vaksinasi meningitis pd jama'ah
haji itu adalah peraturan dari pemerintah Arab Saudi.
Jika ada jama'ah haji yg bermaksud melakukan ibadah haji tapi tidak ada bukti
sdh di vaksin meningitis....akan lgsg di larang oleh pemerintah setempat.

Bahkan....pemerintah Indonesia pun tidak berdaya *melawan* aturan itu.

Seperti halnya skrg....dimana vaksin meningitis sdh dipermasalahkan ke-halalan
nya krn saat dibuatnya, ternyata vaksin meningitis memakai enzim babi.
Pemerintah Indonesia (Depag) berkirim surat soal boleh atau tidaknya jama'ah
tdk di vaksin.
Tp sampai saat ini, pemerintah Indonesia msh belum menerima jawaban dari
pemerintah Arab Saudi.
Jika sampai waktunya, pemerintah Arab Saudi blm memberikan jawaban, maka MUI
sudah memfatwakan *dibolehkan krn pengecualian* vaksin ini. Dgn
pertimbangan...bhw hal itu utk kebaikan dan keselamatan umat tp blm ada
alternatif nya.

Intinya......*perintah* utk melakukan vaksin ini adalah murni perintah dari
pemerintah arab saudi saat akan melakukan ibadah haji. Dan setahu saya, mrk
tidak akan mengizinkan jika jama'ah tidak punya bukti vaksin. Dan berita ttg
hal ini, saat ini tengah hangat2nya dibahas di tv.

Ma'af jika kurang berkenan.

Regards,
YUSRI
email: yusr...@yahoo.co.id