Dear all,
saya ingin ikut nimbruk di diskusi ini, terutama masalah energy di bali.

Potensi Angin: seperti diketahui bersama angin yg berhembus di kawasan tropical cukup kecil kera2 masih dibawah ambang batas minimal produksi wind energy yg rata2 sekitar 3m/dt. namun sekali lagi Tuhan maha adil, di kawasan ini penyinaran mampu memberi irradiance rata2 diatas 900-1300 W/m2.

jadi Potensi Matahari sangat tinggi.

Kalau kita mau menginstall solar system, kita lihat peruntukannya, bila kita tdk utk gedung atau BIPV (building integrated PV), yg mana terbatas tempatnya (roof, jendela dll), maka kita bisa pakai yg murah (dgn sedikit rendah efficiencynya) namun tempat (areal) yg lebih luas.

misal per Watt (include installasi) di Europe sekitar 3 US Dolar, atau sekitar 1.6 GBP di UK, maka kita secara kasar bisa menghitungnya,... ingit bila kita rawat baik ini adalah investasi seumurhidup.

jenis thin film seperti amorphous, cukup murah dgn efficeincy sekitar 12-16 % (Kaneka, Unisolar dll), namun bila kita mau yg lebih tinggi effeciencynya bisa pakai singgle crystalline atau Polycrystalline dgn effeciency 18-22%, namun harganya jauh lebih mahal.... sekali lagi khan kita punya lahan yg luas (utk di Kubu, munti gunung dll, trunyan , Nusa penida dll) saya sarankan pakai thin film (amorphous silcon).

karena ada effect lain yg disebut recovery effecicency bila di terapkan di daerah super panas,... ingat seluruh solar modul akan turuneffececiencynya bila di expose dibawah sinar matahari.......

yg terpenting,... kita perlu Irradiance... namun sangat tdk menghendaki... panas,...(lebih jelas kita bisa diskusi lebih jauh... mari bergabung di Solar energyIndonesia@ yahoo.com), atau lihat2 lah site http://www.geocities.com/k_astawa/Solar_Energy.html

jadi bila rekan2 betul2 mau install PV kita bisa diskusi lebih jauh

salam
k astawa
CREST(center renewable enrgy system and technology)
Loughborough University
UK

On Tue, 17 Jul 2007 14:27:36 +0200